Beranda Headline Tips Aman Minum Kopi Buat Penderita Asam Lambung

Tips Aman Minum Kopi Buat Penderita Asam Lambung

Tips Aman Minum Kopi
Tips Aman Minum Kopi (Foto: Istock)

TVBERITA.CO.ID – Selain makanan pedas, kafein yang terkandung pada kopi adalah hal yang harus diperhatikan bagi penderita asam lambung. Ya, jika berlebihan, maka potensi asam lambung naik bisa saja terjadi.

Meski demikian, apakah penderita masih tetap bisa minum kopi? Jawabannya adalah iya. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Selain harus diminum sesuai takaran, tips berikutnya adalah dengan memilih varian kopi yang aman bagi penderita asam lambung.

Baca juga: Tips Mengatasi Sakit Maag Kambuh Tanpa Minum Obat

Karena kadang-kadang beda kondisi fisiknya penerimaan kopinya beda juga. Kalau punya asam lambung sebaiknya memilih kopi yang tidak terlalu asam.

Lantas, apa saja tips minum kopi agar asam lambung tidak naik? Berikut ulasannya.

Kopi Cold Brew
Tips minum kopi
Cold Brew (Foto: Istock)

Cold brewing bisa menetralisir asam pada kopi dengan efektif karena menggunakan air dingin untuk mengekstraksi rasa dari biji kopi. Setidaknya, kopi cold brew mengandung kadar asam 70 persen lebih rendah ketimbang kopi biasa.

Kopi yang diseduh dengan metode cold brew tak hanya memiliki cita rasa yang lebih tidak pahit, tapi juga ramah di perut dan tidak menyebabkan masalah

Baca juga: 4 Tips Turunkan Kolesterol dengan Olahan Daun Salam

Pilih Kopi dengan Profil Dark Roast
Asam lambung
Dari Roast (Foto: Istock)

Cara lain mengonsumsi kopi agar asam lambung tak naik, adalah memilih kopi dark roast. Semakin gelap tingkat roasting-nya, akan semakin rendah pula kadar asamnya.

Selain itu, kopi dark roast juga cenderung memiliki kadar kafein lebih rendah, sehingga tak memicu produksi asam di perut.

Pilih Kopi dengan Kadar Asam yang Rendah
Asam lambung
Kopi Kadar Asam Rendah (Foto: Istock)

Bagi kamu yang lambungnya kurang aman tetap ingin minum kopi, sebaiknya pilih jenis kopi yang berkadar asam rendah. Karena ada beberapa merek kopi yang tingkat asam rendah, namun cita rasanya tetap maksimal.

Baca juga: 9 Tips Praktis Menjaga Kesehatan Saat Hadapi Perubahan Cuaca

Biasanya, kadar asam pada kopi ini bisa diminimalisasi dengan cara memanggangnya secara sangat lambat. Hasilnya, kopi akan tetap kaya rasa, namun tak akan menimbulkan asam lambung meningkat.

Tambahkan Susu
Tips minum kopi
Kopi Susu (Foto: Istock)

Susu adalah minuman yang. Oleh sebab itu, kamu bisa meracik kopi dengan menggunakan susu, untuk mencegah asam lambung naik.

Sebagai catatan, pilihlah susu rendah lemak atau susu skim dan pastikan kamu tidak memiliki alergi susu sapi, ya.

Baca juga: 5 Manfaat Air Ketumbar dan Cara Membuatnya

Hindari susu dengan kandungan lemak tinggi seperti susu full cream atau whole milk karena dapat berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi sehingga mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jangan Minum Terlalu Banyak
Asam lambung
Foto: Istock

Sebagai penderita asam lambung, kamu harus menyadari bahwa kemampuanmu minum kopi enggak bisa disamakan dengan orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit serupa.

Asupan kafein yang berlebihan dapat membuat semakin parah. Akibatnya, kamu enggak bisa beraktivitas dengan nyaman karena sakit yang menyerang perut.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Konsumsi Kopi Hijau Bagi Kesehatan

Kamu sebetulnya diperbolehkan minum kopi di pagi hari. Namun, kondisi perut sebaiknya enggak kosong, ya. Selain itu, dokter menyarankan batas aman dalam minum kopi setiap hari, adalah satu gelas aja. (*)