Beranda Advertorial Kabupaten Karawang Kembali Sabet Predikat Swasti Saba Wistara

Kabupaten Karawang Kembali Sabet Predikat Swasti Saba Wistara

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Kabupaten Karawang mendapat predikat Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara tahun 2019. Penghargaan kepada Bupati Cellica Nurrachadiana diberikan di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

 

“Penghargaan tersebut merupakan kategori tertinggi di bidang kabupaten sehat,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Matin Abdul Rajak Selasa (19/11/2019).

Penghargaan Wistara biasanya diberikan kepada daerah yang dianggap berhasil membangun tata pemukiman, sarana dan prasarana yang sehat.

Untuk mendapat predikat Swasti Saba Wistara. Suatu daerah terlebih dahulu harus mendapat predikat Padapa dan Wiwerda.

Padapa diberikan jika suatu daerah mampu membangun konsep hidup sehat dan sejahtera mulai mendapat perhatian dan dukungan dari masyarakat dan lintas sektor.
Wiwerda artinya suatu daerah mampu membuat konsep hidup sehat dan sejahtera telah didukung oleh masyarakat secara luas.

Adapun Wiwerda berarti suatu daerah mampu membuat konsep hidup sehat dan sejahtera telah berkembang dan membudaya di masyarakat.

“Karawang secara hattrick berturut-turut mendapat setiap 2 tahun,” kata Matin.

Predikat Wistara juga diberikan lantaran suatu daerah dianggap telah menciptakan tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Begitupun dengan Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat. Sektor pangan juga dinilai jika suatu daerah mampu membangun tatanan ketahanan pangan dan Gizi. Begitupun dengan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Matin menuturkan, Karawang mendapat arahan jika dua tahun lagi harus harus menuntaskan WISTARA. Artinya Karawang harus bisa membuat kawasan pariwisata, transportasi dan serta pertambangan yang sehat. “Tentu berat tapi ketika seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah daerah bekerja sama tidak ada yang sulit,” katanya.

Hadir memberikan arahan dan penghargaan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan letjen TNI Purn Dewan Agus Putranto. (adv/ris)