Beranda Advertorial Targetkan KKS, Pemkab Gencarkan Sosialisasi Dan Pembinaan Forum KKS

Targetkan KKS, Pemkab Gencarkan Sosialisasi Dan Pembinaan Forum KKS

PURWAKARTA-Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang menargetkan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) gencar melakukan sosialisasi kepada Pembina KKS se Kabupaten Purwakarta yang telah terbentuk sebelumnya.

Bahkan Pemkab Purwakarta melalui Bapelitbangda yang ditetapkan melalui SK Bupati Nomor 440.05/Kep.638-Bapelitbangda/2020 lalu telah membentuk Forum KKS (FKKS)ditiap Desa dan Kecamatan se Kabupaten Purwakarta melalui SK Bupati Nomor 440/Kep.643-Bapelitbangda/2020.

Tak ingin target KKS tertinggal, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Bapelitbangda Purwakarta memberikan sosialisasi kepada FKKS se Kabupaten Purwakarta Selasa (14/6) di Hotel Grand Situ Purwakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha, Kepala Bapelitbangda Purwakarta Aep Durrohman, Kabag Kesra Setda Purwakarta A.M Sundari, Ketua Forum KKS Kabupaten Purwakarta Tomi Herutomo dan perwakilan FKKS se Kabupaten Purwakarta.

Dalam penyampaiannya Pjs Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu program pengembangan KKS.

“Diharapkan FKKS ditiap Kecamatan se Kabupaten Purwakarta nantinya bisa menjalankan program KKS,” jelas Norman Selasa (14/6)

“KKS ini bukan hanya program Pemkab Purwakarta saja, tetapi merupakan program dari pusat, dengan tujuan bisa meningkatkan kualitas lingkungan dan fisik, sosbud dan ekonomi melalui potensi masyarakat,”ujarnya.

“Dengan pembangunan berwawasan kesehatan dengan potensi integritas lintas sektoral dan pemberdayaan masyarakat, dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama,”tegasnya.

Sementara Kepala Bapelitbangda Aep Durrohman menyampaikan target untuk KKS sendiri di Kabupaten Purwakarta harus mengacu kepada formula yang terarah.

“Semua diawali dengan indikator kelembagaan, pembentukan team pembina, Forum Kabupaten Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan hingga Kelompok Kerja dengan membentuk Pokja Desa Siaga Aktif di 192 Desa dan Kelurahan,” ungkapnya.

“Tatanan KKS sendiri di antaranya adalah Kawasan Pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat,”paparnya.

Baca Juga :   8 Warga Karawang Tewas Usai Pesta Miras Oplosan, 3 Orang Ditetapkan Tersangka

“Dan pedomannya ada di Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang penyelenggaraan KKS,”ujar Aep.

“Target Kabupaten Purwakarta untuk KKS tahun 2023 dari 119 Desa yang IDF (Open Defecation Free) 61,98 % menjadi 154 Desa ODF atau sekitar 80 % sehingga dan untuk mencapai 100 % ODF ada sekitar 76 desa lagi, kita targetkan tahun 2023 tercapai,”tegasnya.

Ketua Forum KKS Kabupaten Purwakarta Tomi Herutomo menjelaskan target KKS sendiri harus harus melibatkan semua pihak.

“Harus konsern baik dari Eksekutif, Legislatif dan masyarakatnya, tidak akan bisa KKS tercapai kalau tingkat kepedulian dari seluruh pihak bisa dilakukan,”jelas Tomi.

“Prinsipnya adalah penguatan komitmen baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan berwawasan kesehatan, peningkatan jejaring dan kemitraan,”ucapnya.

“Kemudian peningkatan akaes dan kesetaraan dalam pelayanan dasar, peningkatan mutu layanan kesehatan baik primer, sekunder dan tersier, dan peningkatan kualitas lingkungan yang kondusif, ” ungkapnya.

“Rancangan Perpres untuk tatanan KKS adalah, kehidupan masyarakat sehat mandiri, pemukiman dan rumah ibadah, institusi pendidikan, perkantoran dan perindustrian, pasar, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perlindungan sosial, dan pencegahan dan penanganan bencana,”tegasnya.

“Ada beberapa wilayah di Jawa Barat yang sudah mengikuti verifikasi hingga tahun 2021 dan telah memenuhi target, dan kita harapkan dengan penguatan forum KKS melalui pembinaan ini Purwakarta bisa mencapai target KKS ditahun 2023 nanti,”pungkasnya. (trg)

Artikel sebelumnyaSatpam PLTGU Jawa-1 Ngeluh Digaji di Bawah UMK, Begini Penjelasan Royal Security Indonesia
Artikel selanjutnyaGercep, Dewan Rizka Kunjungi Keluarga Penderita Gizi Buruk di Cilamaya Kulon