Beranda Berita Baik Tingkatkan kompetensi Pegawai, BPN Karawang adakan Seminar

Tingkatkan kompetensi Pegawai, BPN Karawang adakan Seminar

Karawang, tvberita.co.id – Untuk meningkatkan kompetensi para pegawai, Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang mengadakan seminar pembangunan desa lengkap dan pelatihan software ArcGIS di Kabupaten Karawang.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber dari Kelompok Keahlian Surveying Dan Kadastral, Dr. Andri Hernandi, S.T., M.T. Dan Ketua Jurusan Pascasarjana Geodesi Geomatika ITB (Institut Teknologi Bandung) Dr. Tec Dudy Darmawan Wijaya, S.T. M.Sc.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang, Ir. Fitriyani Hasibuan, Dipl.Ph. M.M. dalam sambutannya mengungkapkan maksud digelarnya seminar dan pelatihan ArcGIS sebagai upaya BPN meningkatkan kualitas pegawai.

“Pelatihan ini diadakan untuk membangun kualitas pegawai Kantor Pertanahan khususnya para petugas ukur agar dapat meningkatkan performa dalam mengelola aplikasi yang dapat menujang percepatan deklarasi desa lengkap untuk kegiatan pemetaan dan PTSL, karena mau bagaimanapun teknologi dan transformasi digital tidak dapat dihindari,” kata Fitriyani, Kamis (2/12/2021)

Fitriyani menjelaskan Pelatihan Sofware ArcGis di pandu oleh mahasiswa teknik geodesi geomatika ITB dan dihadiri oleh peserta sebanyak 70 orang yang terdiri perwakilan Kantah Kab. Indramayu, perwakilan Kantah Kab. Purwakarta, perwakilan Kantah Kota Bekasi, perwakilan Kantah Kab. Bekasi, dan perwakilan dari Kantah Kab. Karawang.

Dalam acara tersebut juga dibahas tentang empat komponen akselerasi kegiatan PTSL yang salah satu diantaranya adalah Material, dalam hal ini adala peta. Peta menjadi faktor vital dalam keberhasilan percepatan program PTSL.

“Untuk itu dibutuhkan transformasi digital layanan pertanahan dan sumberdaya manusia yang dapat mendukung pembangunan desa lengkap,” ujarnya.

Di sisi lain, Fitriyani menambahkan, deklarasi desa lengkap berguna untuk memetakan seluruh wilayah di Kabupaten Karawang secara Mendekat, Merapat dan Menyeluruh (3M). Dimana data ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) agar lebih tertib dan terarah dalam pelaksanaannya.

Baca Juga :   Diduga Salahi Izin, Pembangunan Perumahan di Tirtamulya Diprotes Warga

Deklarasi desa lengkap di Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang juga didasari oleh Juknis Pendaftaran Tanah Lengkap untuk Kota/Kabupaten tahun 2019, Juknis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap tahun 2020, Surat Edaran Sekjen tanggal 15 Juli 2020 tentang pelaporan output PTSL, surat edaran Dirjen PHPT tanggal 13 Oktober 2020 tentang Deklarasi Desa/Kelurahan Lengkap, dan Juknis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap tahun 2021.

“Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang telah menargetkan desa deklarasi sebanyak 70 desa dari total jumlah keseluruhan 309 desa atau sekitar 22,65% untuk tahun ini. Dimana dari total target sebanyak 70 desa, beberapa diantaranya yaitu 61 desa telah diajukan, 38 desa telah disetujui SPPR, 58 desa telah disetujui PHPT,” pungkasnya. (ddi)

Artikel sebelumnya4.000 Ikan Koi Siap Ramaikan Karawang Koi Show di Mal Technomart
Artikel selanjutnyaBPN Karawang Selenggarakan Pelatihan Internalisasi Peningkatan Pembangunan SDM