Beranda Fashion Luhut Pimpin Diplomasi untuk Lobi Uni Eropa soal Pelarangan Sawit

Luhut Pimpin Diplomasi untuk Lobi Uni Eropa soal Pelarangan Sawit

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah tengah mematangkan rencana untuk melobi Uni Eropa terkait rencana penghapusan minyak kelapa sawit untuk bahan dasar biodiesel pada 2021 mendatang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan ( Kemendag), Oke Nurwan mengungkapkan, pemerintah dengan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, berencana melakukan diplomasi terhadap Uni Eropa.

“Ada rencana melakukan diplomasi yang dipimpin oleh Pak Luhut nanti ke Eropa. Dan kami menyusun materi apa yang harus (disiapkan),” ujar Oke saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Menurut Oke, rencana penghapusan minyak sawit untuk bahan dasar biodiesel pada 2021 mendatang memberikan dampak buruk bagi citra minyak sawit yang dilihat sebagai salah satu penyebab kerusakan alam atau deforestasi.

“Karena alasan deforestasi seolah olah sawit itu jelek lah. Jadi dampaknya sekarang negative impression terhadap sawit sudah tambah tinggi, itu (diplomasi) yang harus kami lakukan,” ucap Oke.

Dengan adanya diplomasi tersebut, diharapkan rencana penghapusan minyak kelapa sawit untuk bahan dasar biodiesel dapat dibatalkan oleh Uni Eropa.

Seperti diberitakan, Parlemen Uni Eropa telah mengesahkan rancangan proposal untuk menghapus minyak kelapa sawit sebagai bahan dasar biodiesel pada 2021 dan minyak nabati pada 2030.

Pengesahan rancangan proposal tersebut dilakukan dengan mekanisme pemungutan suara, dan hasilnya sebanyak 492 politisi Uni Eropa setuju, 88 menolak, dan 107 lainnya abstain.(KB)

Komentar Facebook