Beranda Headline 200 Anak di Karawang Mulai Jalani Vaksin Covid

200 Anak di Karawang Mulai Jalani Vaksin Covid

KARAWANG– Sebanyak 200 anak usia 6 sampai 11 tahun sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama di RSUD Karawang, Senin (3/1/2021). Vaksin yang digunakan yakni vaksin jenis sinovac.

Terpantau di lapangan, ratusan anak ini diantar orangtuanya mengantre secara tertib dan menggunakan protokol kesehatan.

RSUD Karawang sebagai lokasi sentra vaksinasi anak menyediakan lokasi foto-foto bagi anak yang sudah selesai divaksin. Lokasi itu berada dekat dengan titik vaksinasi. Anak-anak bisa berswafoto di depan backdrop bertuliskan “Saya Sudah Divaksin” sambil memegang bendera warna-warni.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengatakan, latar belakang dilaksanakan vaksinasi covid 19 pada anak usia 6-11 tahun adalah adanya kasus Covid-19 pada usia 6- 17 tahun. Data Pusdatin tanggal 8 Desember 2021, jumlah kasus aktif pada anak laki- laki (10%) dan perempuan (13%).

“Ini menunjukkan bahwa memang anak usia 6 tahun sampai 17 tahun memang rentan terpapar virus Covid-19. Puncaknya adalah ketika varian delta. Anak-anak di Karawang banyak yang terpapar,” ujar Bupati Cellica.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Karawang ini juga sudah sesuai dengan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI/ Indonesion Technical Advisory Group of Immunization) yang telah menyetujui dan memberi rekomendasi penggunaan vaksin coronavac untuk usia 6- 11 tahun.

Juru bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.KK mengatakan, tujuan vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi, mencegah penularan pada anggota keluarga dan saudaranya yang belum dapat divaksinasi atau yang mempunyai risiko terinfeksi.

“Alhamdulillah atas kerja sama semua pihak, yaitu TNI, POLRI, Dinas Kesehatan, Puskesmas, RS, Klinik, PMB dan semua OPD, Camat beserta jajarannya, pihak swasta, media serta masyarakat, target ini sudah tercapai di Kabupaten Karawang dosis pertama 73,55 persen dan lansia 60,21 persen,” ujar Fitra.

Baca Juga :   Tarian Bedog Lubuk Asal Karawang Siap Unjuk Gigi di Level Internasional

Pemerintah Karawang saat ini mulai fokus memberikan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun sebab pembelajaran tatap muka sudah mulai berjalan. Pemerintah mengantisipasi terjadinya klaster di sektor pendidikan dengan melakukan vaksinasi terhadap anak.

Sebelumnya, Karawang sudah mencapai target vaksinasi dosis pertama untuk kelompok rentan lanjut usia atau lansia yang sudah mencapai 60 persen. Sudah 92.391 lansia yang mendaoatkan vaksinasi dosis pertama.

Sementara itu secara umum, vaksinasi di Karawang sudah mencapai 73,55 persen atau 1.410.219 masyarakat Karawang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Artikel sebelumnyaLolos Porda XIV Jabar, POBSI Karawang Bagi-bagi Bonus ke Para Atlet
Artikel selanjutnyaAwal 2022, BPN Karawang Siap Canangkan Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM