Beranda Headline Anggota Dewan Karawang Terpilih akan Dilantik Agustus

Anggota Dewan Karawang Terpilih akan Dilantik Agustus

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Untuk acara pelantikan yang rencananya akan digelar sekitar bulan Agustus mendatang, para calon dewan terpilih periode tahun 2019-2024 sudah mulai berbondong-bondong melakukan ukur baju pelantikan yang diseragamkan.

Termasuk juga, diantaranya adalah tes urine dan melampirkan surat kelakuan baik.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Karawang, Agus Mulyana mengatakan pihak sekretariat dewan sudah melakukan pengukuran pakaian seragam untuk anggota DPRD yang akan dilantik Agustus mendatang. Agar pada saat acara pelantikan seragam yang diberikan kepada wakil rakyat Kabupaten Karawang ini sudah siap.

“Iya betul, kami telah memulai melakukan pengukuran baju terhadap para anggota Dewan terpilih yang akan dilantik Agustus nanti, termasuk juga tes urine,” ujar Agus saat dihubungi melalui telpon selulernya.

Ia menjelaskan, tes urine ini berdasarkan surat permintaan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang agar para wakil rakyat ini dilakukan tes urine dan juga melampirkan Surat Berkelakuan Baik.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Karawang Toto Suripto yang ditemui Tvberita.co.id sedang melakukan pengukuran baju di gedung Fraksi DPRD, Kamis (20/6) mengatakan pengukuran baju ini adalah bentuk persiapan sebelum pelantikan Agustus mendatang.

Namun terkait adanya tes urine yang terbilang mendadak ini, dijelaskan Toto jika secara kelembagaan dirinya belum pernah mengirimkan surat permintaan terkait adanya test urine bagi para wakil rakyat ini. Karena, test urine ini harus tetap mengacu kepada aturan.

“Mungkin ini dilakukan secara umum, bukan atas nama kelembagaan DPRD. Karena saya belum melayangkan surat resminya,” ungkap Toto lagi.

Akan tetapi, lanjut Toto, mungkin test urine inibadalah bentuk antisipasi bahaya Narkoba.

Hal yang wajar jika para wakil rakyat ini di test urine dan ini biasa dilakukan secara umum dan bisa diadakan dimana saja, Toto menerangkan.

“Kita memang harus betul-betul mengantisipasi jangan sampai, Karawang ini dijadikan sarang-sarang narkoba. Maka perlu diadakannya tes urine,” kata Toto menjelaskan.

Toto juga menerangkan jika tes urine para wakil rakyat ini benar-benar mendadak. Namun ia tidak mengetahui bagaimana mekanisme pembayarannya.

“Tes urine ini dilakukan mendadak, soal biaya gak tahu saya, sebagai persyaratan caleg juga kita pernah melakukan tes urine, terkait hari ini kita belum menginstruksikan ke DPRD, belum ada surat, kita menyesuaikan saja dengan kebutuhan agar baik anggota DPRD yang baru maupun yang lama bersih dari Narkoba dan menjadi contoh yang baik,” pungkasnya.

Tercatat pada saat berita ini diturunkan baru sekitar 30 orang anggota dewan yang melakukan pengukuran baju.

Dan belum semua anggota DPRD terpilih ini melakukan test urine, pasalnya mereka datang bergantian dan pihak dari BNNK pun sudah pulang.

Dari pantauan Tvberita.co.id, dari hasil test urine beberapa anggota dewan yang sudah melakukan tes didapatkan seorang anggota dewan yang terindikasi hasil positif.

Namun, hal tersebut dikarenakan anggota dewan tersebut setengah jam sebelumnya mengkonsumsi obat sakit gusi Mefinal 500 mg.(nna/ris)

Komentar Facebook