Beranda Headline APDESI Karawang: Data Dinsos Penerima Bantuan Gubernur Jabar Tidak Valid!

APDESI Karawang: Data Dinsos Penerima Bantuan Gubernur Jabar Tidak Valid!

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang menolak data yang diajukan Dinas Sosial (Dinsos) Karawang soal jumlah Kepala Keluarga (KK) yang akan mendapatkan bantuan Rp.500 ribu rupiah dari Gubernur Jawa Barat (Jabar). Bantuan ini merupakan program Provinsi Jabar sebagai langkah meringankan beban keluarga tidak mampu atau orang miskin baru yang terdampak penyebaran Covid-19.

“Dari data yang diajukan oleh Dinsos Karawang, banyak jumlah KK yang terverifikasi sebelumnya sudah menerima bantuan PKH dan bantuan bantuan sejenisnya. Bahkan ada nama nama orang yang sudah meninggal dari tahun 2015, tapi tetap diikutsertakan dalam daftar penerima bantuan Gubernur Jabar,” ungkap Sekjen Apdesi Karawang, Alex Sukardi saat diwawancarai belum lama ini.

Untuk itu, kata Alex, pihaknya meminta Dinsos Karawang untuk tidak melaporkan data tersebut ke Pemprov Jabar. Apdesi akan berupaya mendata ulang jumlah KK yang layak mendapatkan bantuan tersebut sebagai upaya mengantisipasi adanya kekisruhan pasca pembagian bantuan di masyarakat.

“Kalau terjadi ribut-ribut, nanti yang kena pasti Kepala Desa. Data dari Dinsos ini juga mencatat ada dua desa di kecamatan yang sama, yang satu desa ada 70 KK penerima bantuan, di desa yang lain ada 600 KK. Ini kan lucu. Makanya kami ingin Dinsos tidak asal kirim data dulu. Tunggu selama seminggu kami ingin data ulang,” tegas Alex.

Sementara itu, Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakshyari memberi waktu selama satu minggu kepada Apdesi untuk kembali mengupdate data masyarakat yang akan menerima bantuan dari Gubernur Jabar. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya tidak ada tumpang tindih data masyarakat yang sebelumnya sudah menerima bantuan PKH maupun bantuan lainnya. (nji/kie)