Beranda Headline Bangunan Heritage Kampus ITB Pencetak Tenaga Ahli

Bangunan Heritage Kampus ITB Pencetak Tenaga Ahli

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID- Selain sebagai kota wisata, Kota Bandung juga dikenal sebagai kota pendidikan. Sejumlah lembaga pendidikan terdapat di Kota Bandung.

 

Salah satu yang bergengsi, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB adalah sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus salah satu institut tertua di negeri ini.

Gedung kampus ITB merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Kota Bandung. Sebagai bangunan heritage, kampus ITB harus dilindungi keberadaannya.

Gedung kampus institut yang awalnya bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng ini dibangun pada tahun 1918. Gedung ini merupakan hasil rancangan arsitek asal Belanda, Henri Maclaine Pont.

Peresmian gedung yang kini sudah berusia satu abad ini dilakukan tahun 1920. Bangunan yang menjadi landmark ITB adalah, Aula Barat dan kembarannya Aula Timur yang berada di seberangnya.

Salah seorang tokoh pendiri Technishe Hoogeschool (THS) adalah, KAR Bosscha yang masyhur sebagai preanger planters. Gedung THS terletak di Hoogeschoolweg (sekarang Jalan Ganesha)

Pemilihan tempat ini merupakan sebuah keputusan yang tepat karena lokasi di kawasan Bandung Utara berhawa sejuk dan sangat ideal untuk kegiatan pendidikan. Bangunan ini dirancang dengan menerapkan dominasi unsur dan material lokal yang dipadupadankan dengan konstruksi barat.

Kehadiran bangunan ini merupakan sesuatu hal yang berbeda dengan kebanyakan gedung yang sudah ada dan sedang dibangun pada waktu itu. THS pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Fouth Pasific Science Congres pada 18-28Mei 1929.

Pada masa pendudukan Jepang, kampus ini menjadi Bandoeng Kogyo Daigaku. Setelah merdeka, namanya berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung. Di tahun 1946, STT Bandung dipindahkan ke Yogyakarta dan menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Gadjah Mada (UGM).

Nama Institut Teknologi Bandung mulai digunakan pada tahun 1959 hingga sekarang. Nama besar kampus ITB tak dimungkiri punya peran yang signifikan dalam perkembangan Bandung sebagai sebuah kota.

Kualitas pendidikan yang mumpuni dan prestisius, menjadi daya pikat masyarakat dari berbagai daerah untuk dapat mengenyam dan menyelesaikan pendidikan di sana. Dari kampus ini telah lahir alumnus-alumnus hebat dan menjadi tokoh seperti halnya Presiden Soekarno.

Kampus ITB selain menjadi tujuan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk meneruskan pendidikan, juga menjadi tujuan wisatawan untuk melihat keindahan arsitektur salah satu perguruan tinggi negeri tertua di Kota Bandung.(hms/kb)

Komentar Facebook