Beranda Headline Besok Hari Terakhir, Parpol Diminta Serahkan Susunan Struktural Fraksi ke Setwan

Besok Hari Terakhir, Parpol Diminta Serahkan Susunan Struktural Fraksi ke Setwan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Rabu (14/8) besok, seluruh Partai Politik sudah harus menyampaikan susunan struktural Fraksinya masing-masing kepada Sekretariat DPRD Kabupaten Karawang.

 

Pasalnya, padatnya kegiatan kerja mewajibkan DPRD harus segera melakukan penyusunan tata tertib DPRD dan membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Ketua DPRD Sementara Kabupaten Karawang, Pendi Anwar mengungkapkan setelah fraksi-fraksi ini terbentuk, maka pimpinan dewan sementara akan segera menggelar rapat paripurna untuk kemudian membahas Tata Tertib (TaTib) DPRD.

Pendi menerangkan, TaTib DPRD adalah dasar rambu-rambu kinerja para anggota DPRD dan merupakan bagian dari produk hukum DPRD Kabupaten Karawang untuk kemudian setelah terbentuk akan segera di Pansus-kan.

“Setelah itu baru kita akan membentuk AKD sesuai dengan usulan fraksi. Dimana fraksi-fraksi ini nanti akan mengusulkan anggotanya masing-masing di AKD,” ujar Pendi menjelaskan.

Oleh karenanya, sebagai unsur pimpinan sementara DPRD Kabupaten Karawang, Pendi menghimbau kepada setiap partai politik untuk segera membentuk susunan struktural fraksi dan menyampaikannya kepada Sekretariat DPRD Kabupaten Karawang.

Jika pun nanti ada partai yang tidak bisa membuat fraksi utuh, maka diharapkan untuk segera membentuk fraksi gabungan, Lanjut Pendi lagi.

Pendi juga berharap mudah-mudahan usulan pimpinan dari empat partai politik pemenang Pemilu dapat secepatnya segera diajukan, sehingga berbarengan dengan selesainya pembentukan fraksi, tatib dan AKD.

“Sejauh ini sudah beberapa partai politik yang masuk dan diharapkan paling lambat hari Rabu besok sudah masuk semua. Jika sudah terbentuk fraksi kita langsung bahas tatib kemudian rapim fraksi tinggal definitif pimpinan. Kita berharap parpol dapat segera mengirimkan calon pimpinan definitifnya agar kita semua bisa langsung bekerja,” pungkasnya.(nna/kie)

Komentar Facebook