Beranda Headline Bikin Dosen Melongo, Mahasiswa Unsika Ini Garap Skripsi soal Ritual Pesugihan di...

Bikin Dosen Melongo, Mahasiswa Unsika Ini Garap Skripsi soal Ritual Pesugihan di Pantura Jawa

Aldi, mahasiswa Unsika yang bikin dosen melongo karena penelitian skripsinya.

Tak hanya itu, untuk meyakinkan dosen penguji, Aldi menjelaskan sejarah bagaimana mengetahui praktik pesugihan di Pantai Slamaran, Pekalongan.

Persentuhan Aldi dengan komunitas ini tak lepas dari Mickey Oxcygentri, dosen fotografi di FISIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Mickey yang tercatat sebagai warga Kota Depok ini adalah founder GPC.

“Akhirnya, setelah saya presentasikan diterima sama dosen pengujinya,” sambung Aldi.

Selama menulis skripsi, Aldi mengakui kesulitan untuk menyusun latar belakang masalah. Karena minimnya referensi tentang fenomena pesugihan.

Kendati ini menjadi bantu sandungan, Aldi semakin bersemangat untuk menuntaskan skripsinya yang mungkin bagian kebanyakan orang muskil.

Ia berseloroh, bisa jadi orang pertama yang membahas mengenai pesugihan di Pantai Slamaran, Pekalongan, untuk bahan skripsinya.

“Bahkan, mungkin belum ada yang membahas tentang pesugihan ini,” kata Aldi terkekeh.

Aldi menuturkan, ada tiga rumusan masalah yang dicarinya selama meneliti praktik pesugihan di Pantai Slamaran.

“Saya itu ingin tahu apa pengalaman komunikasi dari ritual pesugihan itu. Kemudian apa maknanya bagi si pelaku dan apa motifnya sampai mereka itu melakukan pesugihan,” tutur pria berambut gondrong ini.

Selama melakukan penelitian ini, sumber informasi Aldi banyak dapat dari seorang informan.

Informan ini bertugas sebagai mediator untuk orang yang ingin melakukan pesugihan dengan sang kuncen di Pantai Slamaran.

Seiring berjalannya penelitan tersebut, Aldi mendapatkan kisah langsung dari pelaku pesugihan.

Sosok makhluk gaib Pantai Slamaran yang dipercaya para pelaku ritual pesugihan dapat mengabulkan keinginan mereka adalah Dewi Lanjar.

Ya, Pantai Slamaran tidak terlalu luas, hanya sekitar 3,4 hektare. Saat akhir pekan dan hari libur nasional, Pantai Slamaran selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Warga seempat menyebut Dewi Lanjar sebagai sosok cantik jelita. Ia diangkat menjati ratu di pantai utara oleh Gusti Kanjeng Ratu Kencana Sari atau lebih dikenal sebagai Gusti Kanjeng Ratu Kidul.

Dewi Lanjar merupakan satu dari 28 abdi kinasih Gusti Kanjeng Ratu Kidul yang berkuasa di pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Dari cerita yang beredar, Dewi Lanjar secara khusus diperintah oleh Gusti Kanjeng Ratu Kidul untuk menjaga ekosistem kawasan pantai utara Jawa dari berbagai kerusakan.

Sejak meneliti dari Oktober 2021, Aldi belum pernah bertemu langsung dengan sang kuncen di lokasi pesugihan.

Kuncen inilah yang bisa menjembatani keinginan pelaku ritual pesugihan dengan jin atau makhluk yang dipercaya bisa mengabulkan keinginannya.

Kesimpulannya, Aldi hanya ingin menguak betapa luasnya sebuah komunikasi, karena Aldi beranggapan bahwa semua bidang dalam kehidupan pasti ada unsur komunikasi, begitupun spiritual, yakni Komunikasi Transendental.

“Karena bidang apa yang tidak butuh komunikasi? Bidang datar doang kayanya. Begitupun komunikasi pada dunia spiritual dengan sebutan komunikasi transendental,” kata Aldi. (kii)