Beranda Headline BOS Belum Cair, Anggaran UN di Karawang Utang ke Koperasi dan Bank

BOS Belum Cair, Anggaran UN di Karawang Utang ke Koperasi dan Bank

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Akibat Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tak kunjung cair, pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP yang dilaksanakan serentak belum ini di sejumlah sekolah ternyata mengandalkan dana hutang dari Koperasi dan Bank

 

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKs) Komisariat Telagasari, Saundi S.Pd mengatakan, pelaksanaan UN diakuinya tanpa anggaran BOS, mengingat sampai pelaksanaannya memang belum cair. Sehingga, sebutnya, terpaksa pelaksanaan harus meminjam dulu ke koperasi bahkan ke Bank demi suksesnya UN di beberapa sekolah.

Apalagi, hanya SMPN 1 Telagasari yang menggelar UNBK satu-satunya di Karawang yang dijadikan sebagai percontohan nasional. Selebihnya, SMP yang lain masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), sehingga perlu dana pengawasan, pengamanan soal dan lainnya.

“BOS belum cair, jadi “Nganjuk” ke koperasi dan bank, sebisa-bisanya Kepsek” ujarnya.

Saundi menambahkan, pinjaman ke Koperasi tidak semuanya mulus. Sebab, beberapa Koperasi justru menolak pinjaman, karena mepetnya waktu dengan Ramadan dan Idul Fitri untuk pengadaan THR para anggotanya.

Disisi lain, anggaran BOs sendiri, saat ini 20 persennya untuk pengadaan buku dan 15 persennya buat honorarium guru honor. Meskipun, idealnya honor guru 30 persen dari dana Bos, tapi kenyataannya tenaga honor di SMP itu banyak.

“Beberapa diantara Koperasi ini menolak pinjaman, karena waktunya mepet ke lebaran, jadi ujungnya bagaimana kita saja, kemana saja pinjamnya,” pungkasnya.(cr2/ris)