Beranda Headline Buntut Sidak Pemkab Karawang, PT Chunetsu Minta Perlindungan Polres Karawang

Buntut Sidak Pemkab Karawang, PT Chunetsu Minta Perlindungan Polres Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Aksi sidak yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Karawang berbuntut panjang dan berujung pada keresahan karyawan perusahaan PT. Chunetsu.

Pasalnya, kedatangan Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari yang didampingi Kepala Disnaker Kabupaten Karawang H. Ahmad Suroto dan Kadisdukcatpil Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan beserta rombongan membuat karyawan ketakutan.

Menurut salah seorang karyawan PT. Chunetsu yang enggan disebutkan namanya, mengatakan kepada Tvberita.co.id jika Wakil Bupati Karawang bersama Kadisnaker datang merangsek masuk bersama rombongan sebanyak puluhan orang lainnya yang diantaranya, awak media, LSM, dan Karang Taruna.

“Bahkan Kadisnaker sampai menarik tangan tenaga Kerja Asing (TKA) dan mengintrogasi karyawan, dan beberapa orang membuat dokumentasi vidio tanpa ijin,” ungkapnya.

Sehingga kemudian, pihak managemen perusahaan ibu Dian malamnya melaporkan ke Polres Karawang untuk meminta perlindungan.

Dikatakan sumber tersebut, sebenarnya semua dokumen perusahaan sudah lengkap. Bukti lapor ada, ijin-ijin perusahaan pun sampai Ijin Usaha Indistri (IUI) juga ada.

“Bu Dian bilang, dia ke polres bukan melaporkan orangnya, tapi melaporkan kejadiannya dan bertanya untuk meminta perlindungan. Secara mereka (Pemda, Re janji akan datang lagi dan karyawan-karyawan pun ketakutan,” ungkapnya lagi.

Terlebih, menurut sumber tersebut bahwa Perda Nomor 1/2011 itu sudah dibatalkan oleh Pemprov Jawa Barat. Lalu yang 7 orang dari Salatiga Jawa Tengah itu bukan karyawan namun dari Bursa Kerja Khusus ( BKK) untuk dimagangkan.

“Jumlah karyawan non Karawang juga tidak ada data pasti pada mereka, yang jelas mayoritas kan orang karawang,”pungkasnya.

Diketahui, Rabu (12/6) kemarin atas dasar laporan dari masyarakat, Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, didampingi Kadisnaker dan Kadisdukcatpil Kabupaten Karawang mendatangi PT. Chunetsu untuk menindaklanjuti dan duduk bareng dengan pihak managemen perusahaan yakni Ibu Dian.

Namun, tindaklanjut yang hendak dilakukan Wakil Bupati beserta rombongan tidak membuahkan hasil, Pasalnya Ibu Dian yang dicari sedang istirahat makan siang diluar kantor.

Sebelumnya, Rombongan Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari mendapat penolakan saat hendak menggelar sidak ke PT Chunetsu.

Penolakan itu dilakukan oleh sejumlah satpam si perusahaan tersebut. Mereka (satpam, Red) menghadang di pintu gerbang dan bersikeras tidak mengizinkan rombongan Wakil Bupati untuk masuk, sehingga sempat bersitegang.(nna/ris)