Beranda Headline Dari 33 Target, DPRD Karawang Baru Selesaikan 8 Raperda

Dari 33 Target, DPRD Karawang Baru Selesaikan 8 Raperda

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Target 33 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) baik dari usulan Legislatif maupun Eksekutif yang harusnya diselesaikan tahun 2019 ini, hanya baru sekitar 8 Raperda yang telah selesai diparipurnakan, namun belum diundangkan. Diantaranya adalah:

 

1.Raperda Tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkotika dan Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.
2. Raperda Tentang Penyelenggaraan Kearsipan
3. Raperda Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana
4. Raperda Tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Sturada Pangkal Perjuangan.
5. Raperda Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan
6. Raperda Tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan
7. Raperda Tentang Eliminasi Penularan HIV dan AIDS
8. Raperda Tentang Organisasi Masyarakat.

Kasubag Program DPRD Kabupaten Karawang, Rustini mengatakan untuk mencapai menyelesaikan keseluruhan usulan Perda itu tidak mungkin.

Pasalnya, dijelaskan Rustini, Sisa waktu yang ada hanya tinggal satu bulan lagi kedepan. Sehingga di tahun 2020 mendatang ada pergeseran usulan Perda sekitar 23 Raperda baik dari usulan eksekutif maupun legislatif.

Mengapa 23 usulan, lebih lanjut ia menjelaskan karena saat ini ada 2 Raperda yang belum diparipurnakan dan masih sedang menunggu fasilitasi dari Biro Hukum Propinsi Jawa Barat. Adapun kedua Raperda tersebut adalah Raperda Tentang Pengelolaan Zakat dan Raperda Tentang Penyelenggaraan Perhubungan.

Disoal mengenai tidak tercapainya target kerja para anggota DPRD tersebut, kepada Tvberita.co.id, Rabu (13/11), ia menerangkan, faktor utamanya adalah adanya masa pergantian periode keanggotaan DPRD Kabupaten Karawang dari yang sudah habis masa jabatannya kepada yang baru. Termasuk juga menunggu proses pengesahan Pimpinan DPRD beserta Alat Kelengkapan Dewan lainnya.

“Ditahun 2019 ini kan Pemilihan Legislatif digelar, belum juga termasuk pengesahan unsur pimpinan DPRD yang memakan waktu sampai 2 bulan,” tandasnya.(nna/dhi)