Beranda Headline Gemakan Kemerdekaan RI dengan Deklarasi Komitmen Peduli HIV AIDS

Gemakan Kemerdekaan RI dengan Deklarasi Komitmen Peduli HIV AIDS

SUBANG, TVBERITA.CO.ID- Berbeda dengan perayaan HUT-74 Republik Indonesia di tempat lainnya, masyarakat dan Pemerintah di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang memaknai momentum kemerdekaan dengan memberikan komitmen kepedulian terhadap pencegahan penularan HIV&AIDS.

 

Hal ini diwujudkan melalui pembacaan deklarasi “Komitmen Peduli HIV AIDS” pada Sabtu (17/8).

Hasan Sodikin, Ketua WaPA (warga peduli AIDS) Pantura mengatakan bahwa dirinya dan juga rekan-rekan organisasi serta seluruh masyarakat tidak henti-henti menggemakan kepeduliannya terkait pencegahan penularan HIV&AIDS. Hal ini diungkapnya berangkat dari keprihatinan atas ketidaktahuan warga terhadap HIV dan AIDS. Baik itu dari pencegahan, penularan, dampak, hingga penanganannya.

“Sungguh ironi rasanya apabila bangsa kita telah merdeka 74 tahun lamanya, namun masih banyak warga yang tidak peduli dengan HIV,” ungkap Hasan.

Oleh sebab itu, Hasan dan juga pihak Kecamatan Sukasari, melalui momentum hari Kemerdekaan Indonesia, juga mengajak masyarakat peduli HIV dan juga merdeka dari ketidakpedulian dan ketidaktahuan tentang HIV.

“Alhamdulillah, banyak sekali support yang kami juga dapat dari sekitar. Tidak hanya masyarakat dan Pemerintah, namun dari Perusahaan yakni PT Pertamina EP juga terus mendukung kegiatan WAPA di Pantura,” tambah Hasan.

Tidak hanya pembacaan deklarasi, di perayaan kemerdekaan tahun ini, pihaknya juga menggelar lomba-lomba bertema HIV yakni pidato dan cerdas cermat terkait pencegahan penularan HIV&AIDS SD (Sejak Dini).

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Sukareja, Dartim mengungkapkan kebanggaan atas apa yang ada di desa yang ia pimpin sekarang. Dirinya berharap agar Wapa yang digawangi oleh masyarakatnya ini lebih menggema tidak hanya di Desa Sukareja tetapi juga ke desa lainnya.

“Kalau bisa ini kita lebih menggema lagi, bagaimana Wapa di Sukareja untuk ke desa-desa yang lain, harapan saya itu.” Ungkap Dartim.

“Saya mengapresiasi sekali tentang hidupnya lembaga ini, dan juga PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field yang terus konsen membina sehingga anggotanya tetep semangat untuk menjalankan misi kemanusiaan ini,” ungkap Heri Hermansyah, Camat Sukasari.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh rekan-rekan dari WaPA dan juga PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field. Ia menjelaskan betapa pentingnya edukasi yang dilaksanakan oleh Wapa Pantura kepada masyarakat sekitar sejak dini terutama kepada generasi muda baik tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten Subang terutama wilayah pantura.

“Wilayah Pantura, memang tak dipungkiri merupakan salah satu kantong wilayah rentan penyebaran HIV&AIDS. Untuk itu, menjadi sangat krusial untuk terus memberikan edukasi kepada generasi muda dan masyarakat umum, hingga harapannya Indonesia dapat menanggulangi dan terbebas dari HIV,” ucap Heri.

Terpisah, Armand Mel I. Hukom, Field Manager PT Pertamina EP Asset 3 menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan di Pantura bersama WaPa merupakan salah satu wujud komitmen Perusahaan untuk dapat tumbuh bersama lingkungan.

“Harapan kami kegiatan WaPa Pantura dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, khususnya di wilayah Pantura,” tutup Armand.(kb)

Komentar Facebook