Beranda Headline Panwascam yang Dijatuhi Sanksi Lolos Lagi, Gerindra Pertanyakan Integritas Bawaslu

Panwascam yang Dijatuhi Sanksi Lolos Lagi, Gerindra Pertanyakan Integritas Bawaslu

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Partai Gerindra Karawang, mempertanyakan sejumlah nama Panwascam yang lolos masuk kedalam seleksi Bawaslu Kabupaten Karawang, padahal nama- nama tersebut pernah dijatuhi sanksi Surat Peringatan Keras oleh Bawaslu karena diduga telah melakukan pelanggaran kode etik, pada Pemilu Legislatif 2019 lalu.

 

Gerindra menilai, Bawaslu beserta jajarannya harus memiliki integritas dalam menjalankan tupoksinya dan amanah masyarakat Karawang, serta dituntut sebagai wadah yang independen. Selanjutnya Anggota Panwascam yang direkrut sebagai penyelenggara tingkat kecamatan pun tidak mempunyai rekam jejak kinerja yang buruk.

“Sebagai lembaga independen, Bawaslu harus memiliki sifat netral dan integritas yang baik. Namun dalam beberapa nama yang di sampaikan Bawaslu secara resmi, bahwa ada sejumlah nama dari Panwascam yang masih mempunyai kendala terkait integritas dalam penyelenggaraan Pemilu,” kata Ketua Bappda Partai Gerindra Karawang, Andre Lukman menyesalkan.

Kepada Tvberita.co.id, Minggu (22/12), Andre mengatakan, tentu saja hal ini menjadi satu catatan penting dan “warning” atau peringatan bagi pihaknya selaku peserta Pemilu, atau peserta Pemilu lainnya.

“Karena kunci utama dari penyelenggara adalah integritas, yang menjadi kunci bahwa Pilkada ini harus berkualitas,” imbuhnya.

Andre menegaskan, Demokrasi 2020 Pilkada Karawang tidak boleh menjadi demokrasi konstruktural yang hanya dimiliki oleh segelintir elite sampai ke penyelenggara.

Oleh karena itu, sebagai peserta Pemilukada Karawang 2020 besok, pihaknya kata Andre, akan menagih komitmen serta jaminan dari Bawaslu Karawang, atas nama -nama yang bersangkutan tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama.

Pasalnya, akan menjadi preseden yang kurang baik bagi penyelenggara Pemilu apa bila terjadi kembali.

“Dan apa bila ternyata, nama – nama tersebut membuat ulah kembali maka kami meminta Bawaslu Karawang memberikan tindakan yang lebih keras dari sanksi yang mereka dapat kemarin,” tandas Andre.

Terakhir, Andre juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya atas terpilihnya 90 Panwascam se- Kabupaten Karawang, yang akan menjalankan tugas sebagai pengawas pemilihan di tingkat kecamatan pada Pilkada September 2020 mendatang.

“Saya selaku ketua Bappda Partai Gerindra Karawang, mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Panwascam terpilih yang telah diberikan kepercayaan oleh Bawaslu Karawang yang akan melaksanakan tugas di Pilkada 2020 mendatang,” kata Andre Lukman menutup pembicaraan.

Belum lekang dari ingatan kita semua, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang menjatuhkan sanksi terhadap 20 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu karena bertemu salah satu calon legislatif di Rest Area Tol Cikampek pada Pemilu Legislatif lalu.

Dimana, 16 Anggota Panwascam dijatuhkan sanksi surat peringatan keras, oleh Bawaslu Karawang. Sedang empat orang lagi diberhentikan secara tetap.(nna/dhi)