Beranda Headline Ini Dia Kue Kering Favorit Manjakan Lidah Saat Lebaran

Ini Dia Kue Kering Favorit Manjakan Lidah Saat Lebaran

Idul Fitri terasa Hari Raya tinggal menghitung hari. Umat muslim pun bersiap untuk saling bersilahturahmi.

 

Salah satu yang sering disiapkan yaitu sajian untuk menyambut kedatangan sanak saudara dan kerabat. Bukan hanya ketupat dan opor ayam tetapi juga camilan.

Camilan yang biasa disuguhkan di antaranya kue kering. Tanpa kue kering, perayaan lebaran serasa hampa. Berikut beberapa kue kering yang disajikan saat lebaran:

Kastengel
Kastengel adalah kue kering yang cukup populer di Indonesia. Kue berbahan dasar salah satunya keju ini, dibuat dengan cara dioven.

Bentuknya dan ukuranya kecil saja, hanya sebesar jari kita dengan ukurang panjangnya sekitar 5 centimeter.

Untuk cara pembuatanya, adonan mirip dengan salah satu kue populer lain, yaitu adonan nastar. Bedanya adalah adonan kue kastengel ditambahkan keju.

Rahasia dari rasa resep kastengel yang bervariasi adalah, keju yang digunakan untuk membuatnya. Variasi keju yang digunakan tergantung selera, bisa menggunakan keju cheddar, keju edam, atau keju guda.

Kue Kacang Tanah
Kue ini sejenis kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dengan berbagai varian bentuk, seperti bentuk bulat, hati, ataupun bulan sabit. Kue kacang tanah dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula halus, minyak goreng, dan bahan dasarnya kacang tanah yang telah dikupas kulitnya dan kemudian dipanggang di dalam oven sampai matang.

Kue Nastar
Kue ini sejenis kue kering yang asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya yang telah diolesi kunging telur, sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.

Kue Putri Salju
Kue ini sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus.

Kue Kering Semprit
Kue yang berbentuk seperti bunga mawar atau krisan, merupakan salah satu variasi kue kering lebaran yang wajib ada. Di tengah-tengah kue, biasanya dihiasi dengan selai nanas atau sroberi, bisa juga kismis atau sukade jeruk.

Selain rasanya yang renyah dan gurih, kue kering satu ini juga mempunya bentuk yang pas sekali untuk langsung dimasukkan ke dalam mulut.

Kue Jahe
Kue yang rasanya enak dengan aroma dan rasa jahe yang kuat. Kue ini bisa menghangatkan tenggorokan dan suasana bersama keluarga.

Kue Lidah Kucing
Kue ini sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih, dan renyah.

Lidah kucing masuk ke Indonesia dari Belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan “Katte Tong”.(hms/kb)

Komentar Facebook