Beranda Headline Inilah Karawang, Kota dengan Berbagai Cerita Didalamnya

Inilah Karawang, Kota dengan Berbagai Cerita Didalamnya

Kabupaten Karawang banyak mendapat julukan seperti Kota Pangkal Perjuangan, Kota Industri, dan Kota Lumbung Padi. Dari segi geografis, Kabupaten Karawang sangat strategis serta memiliki bentang alam yang indah, mulai dari gugusan pegunungan hingga bentang pantai yang sangat panjang. Selain itu, Karawang sangatlah kompleks dari kultur, budaya, seni, peristiwa, dan sejarah.

 

Di hari jadi yang ke-386, kota ini sudah melalui banyak sejarah perjuangan hingga kini menjadi kota metropolitan. Karawang terkenal sebagai Kota Pangkal Perjuangan karena di daerah Rengasdengklok dahulu menjadi saksi bisu dimana awal pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia dimulai dari Karawang.

Monumen Kebulatan Tekad yang berada di Desa Rengasdengklok, Kecamatan Rengasdengklok Timur dan Monumen Rawagede di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta dapat menjadi tempat pembelajaran bagi generasi penerus untuk meneladani nilai-nilai sejarah perjuangan para pahlawan.

Peninggalan sejarah di Karawang terdapat Situs Candi Jiwa yang merupakan salah satu peninggalan agama budha berada di Kecamatan Batujaya. Menurut keterangan para ahli memiliki usia yang lebih tua dari Candi Borobudur. Selain itu juga memiliki situs megalitikum yaitu situs Kebon Jambe yang diperkirakan berumur ± 5000 SM.

Dari sisi seni dan budaya, Kabupaten Karawang dengan bangga memiliki banyak kebudayaan dan kesenian. Salah satu yang paling terkenal dan mendunia dari Karawang yaitu Goyang Karawang. Pada tanggal 26 sampai dengan 29 September mendatang, Pemkab Karawang mengadakan Festival Goyang Karawang Internasional yang menghadirkan para penari dari 5 benua akan diundang untuk meramaikan agenda pariwisata tersebut yaitu benua Amerika, Eropa, Asia, Afrika, dan Australia.

Adanya Festival Goyang Karawang ini mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat Karawang. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karawang berharap kegiatan ini akan berdampak positif kepada potensi peningkatan PAD Karawang dari bidang Perhotelan dan Restoran.

“Dengan catatan tentu saja, kegiatan tersebut selain membawa banyak kebaikan dan manfaat bagi masyarakat, juga berdampak manfaatnya kepada potensi pariwisata kita,” ujar Gabriel Alexander, ketua PHRI Karawang.

Karawang juga terkenal sebagai Kota Industri dimana banyak Kawasan Industri dibangun dan diisi oleh perusahaan besar. Banyak pabrik mutasi dari daerah lain yang memilih Karawang karena tempatnya yang lebih strategis. Karawang sudah dipersiapkan oleh pemerintah sebagai kawasan industri modern melalui penerbitan Keppres Nomor 53 Tahun 1989 tentang Pengembangan Kawasan Industri.

Karawang sudah terdapat beberapa Kawasan Industri besar seperti Karawang International Industry City (KIIC), Kawasan Mitra Karawang (KIM), Kawasan Surya Cipta, Kawasan Indotaisei, dan Kawasan Bukit Indah City di jalur Cikampek, dengan luas mencapai ribuan hektare.

Di HUT yang ke-386, Karawang berkembang dengan sangat pesat. Terbukti dari infrastruktur menjadi lebih baik dan modern, pendidikan yang sudah terintegrasi, fasilitas kesehatan yang memadai, serta masih banyak yang lainnya. Selain itu Karawang juga memiliki banyak masyarakat yang memiliki toleransi agama yang bagus.

Perkembangan Karawang di dalam pendidikan yaitu adanya perguruan tinggi negeri. Belakangan ini, PTN di Karawang sudah masuk ke dalam list universitas incaran calon mahasiswa. Terbukti dengan melonjaknya jumlah pendaftar calon mahasiswa dari tahun ke tahun. Hal ini pula menjadi salah satu kebanggaan Karawang.

Ada harapan dari berbagai lapisan masyarakat di usia ke-386 ini, salah satunya menjadi Kabupaten yang aman, sejahtera, dan makmur. “Saya berharap diusia sekarang ke-386 ini, Karawang dapat menjadi kabupaten yang aman, sejahtera, dan makmur dengan memiliki SDM yang unggul. Selamat ulang tahun Kabupaten Karawang ke-386,” ujar Fanny Febrianti warga Karawang.

Komentar Facebook