Beranda Headline Iriana Jokowi Resmikan Gerakan Indonesia Bersih di Kabupaten Bekasi

Iriana Jokowi Resmikan Gerakan Indonesia Bersih di Kabupaten Bekasi

KABUPATEN BEKASI, TVBERITA.CO.ID – Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase) meresmikan Gerakan Indonesia Bersih di Kampung Pulo Timaha, Kelurahan Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi, pada Senin (16/9).

 

Kegiatan yang bertemakan Edukasi Akbar dan Pencanangan Aksi Bersih ini turut dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Tim Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase), Ibu Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya, Ibu Bupati Bekasi Kholillah Supria Atmaja, serta tokoh masyarakat lainnya.

Sebelum acara resmi dimulai, tokoh masyarakat yang pada kali ini diwakili oleh Tugimin, selaku ketua RW 30, Kecamatan Babelan mengatakan, selama ini banyak masyarakat yang mengeluh mengenai sampah, terlebih ketika musim hujan tiba, aktivitas warga terutama sekolah akan lumpuh akibat banjir, yang disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat.

“Tapi alhamdulillah, sejak adanya kerjasama antara masyarakat dan juga pemerintah, kesadaran masyarakat di Kecamatan Babelan mulai terbangun. Kami mulai bergotong royong untuk membersihkan sampah di kali busa bahagia ini,” katanya.

Tugimin juga menyampaikan terimakasih kepada Iriana, karena kehadiran sosok Ibu Negara di Kecamatan Babelan ini memberikan semangat dan motivasi tersendiri bagi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, terutama sampah yang ada di Kali Busa Bahagia.

“Kami berharap dengan kehadiran Ibu Iriana, kedepannya warga yang ada di sini akan melanjutkan program yang baik ini. Dan tidak hanya di Kecamatan Babelan saja, tapi juga seluruh Kecamatan di Kabupaten Bekasi maupun di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo mengatakan tidak sulit untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih, yakni dengan membiasakan diri sendiri untuk tanggap dengan keberadaan sampah di sekitar.

“Mudah caranya Pak, Bu, yaitu membiasakan diri sendiri terlebih dulu. Jangan sungkan untuk mengambil sampah yang terlihat oleh kita di jalan. Ambil, lalu masukan ke tong sampah kan jadinya tidak akan menumpuk” jelas Iriana.

Iriana juga mengajak agar semua pihak ikut terlibat dalam menjaga kebersihan Kali Busa Bahagia Bekasi.

“Namanya saja sudah bagus ya, Kali Busa Bahagia, mengapa kita melihat sampah kaya gitu jadi tidak bahagia. Nanti saya lewat harus bahagia ya, kan sudah bersih” sambungnya.

Kegiatan Pencanangan Aksi Indonesia Bersih resmi dimulai dan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ibu Negara serta didampingi dengan pihak terkait.

Setelah resmi dimulai, Iriana Joko Widodo dan tim Oase berpindah ke Aula RW 30 Babelan untuk memberikan edukasi kepada pelajar SMP dan SMA bagaimana cara menanggulangi sampah dengan benar, dan menghimbau untuk meminimalisir penggunaan plastik pada kehidupan sehari-hari, seperti membawa kantong belanja sendiri dari rumah.

Selain  memberikan edukasi, Iriana dan tim Oase juga mengadakan pembagian hadiah melalui sistem tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh siswa siswi SMP dan SMA yang menghadiri acara.

Diakhir acara, Ibu Negara menyempatkan diri untuk melihat bagaimana mekanisme memilah sampah menabung emas di bank sampah, yang sebelumnya telah dikelola oleh warga setempat. (hms/red)