Beranda Headline Jadwal Pemilu 2024 Masih Buntu, DPR Minta KPU dan Pemerintah Duduk Bareng

Jadwal Pemilu 2024 Masih Buntu, DPR Minta KPU dan Pemerintah Duduk Bareng

KARAWANG – Tahun 2024 mendatang, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi serentak, mulai dari pemilihan presiden, legislatif, sampai dengan kepala daerah. Namun hingga kini, keputusan pasti mengenai jadwal tahapan Pemilu dan pemilihan kepala daerah masih tarik ulur.

Dalam draft Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan Pemilu 2024, KPU mengusulkan agar pelaksanaan pemilu dilakukan pada 21 Februari 2024 dan tahapan dimulai pada 21 Januari 2022.

Sementara, Pemerintah mengusulkan agar pemungutan suara pemilu (Pilpres & Pileg) dilaksanakan pada bulan April atau Mei 2024, atau mundur dua bulan dari jadwal yang direncanakan sebelumnya. Adapun pertimbangannya ialah persoalan stabilitas keamanan.

Baca juga: Soal NasDem Dukung Jokowi 3 Periode, Ini Penjelasan Saan Mustopa

Untuk itu, Wakil Ketua DPR-RI Komisi II, Saan Mustopa, mengusulkan kepada pemerintah dan KPU untuk duduk bersama dalam menyelesaikan persoalan perbedaan pendapat mengenai penyelenggaraan Pemilu yang digelar secara makro tersebut.

“Kita minta KPU dan Pemerintah untuk duduk bersama, kalau sudah selesai nanti DPR akan menyikapinya,” ujar Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat ini.

Baca juga: Tancap Gas 2024, NasDem Deklarasikan Aep Syaepuloh Sebagai Cabup Karawang

Tentu hal ini, lanjut dia, untuk menginventarisir masalah yang harus diantisipasi dalam pelaksanaan pemilu serentak.

“Kita ingin pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan efektif, efisien, dan tentunya berkualitas sebagimana yang diharapkan oleh publik” pungkasnya. (kii)

Artikel sebelumnyaSoal NasDem Dukung Jokowi 3 Periode, Ini Penjelasan Saan Mustopa
Artikel selanjutnyaAkhir 2021, PTM di Karawang Bisa Dibuka 100 Persen, Asal…