Beranda Headline Jangan Khawatir, Caleg Stress Dijamin BPJS Kesehatan Karawang

Jangan Khawatir, Caleg Stress Dijamin BPJS Kesehatan Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Karawang siap melayani pasien caleg yang stres akibat kalah pemilu serentak 2019.

Pelayanan kesehatan yang dijamin baik di tingkat pelayanan rawat jalan maupun rawat inap adalah konsultasi dan pemeriksaan medis.

“BPJS Kesehatan menjamin pelayanan kesehatan asalkan kartu pesertanya aktif, dengan tidak terbatas untuk caleg yang mengalami stres juga kesehatan mental atau depresi ringan hingga berat. Jadi jangan khawatir untuk pembiayaannya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Karawang, drg Unting Patri, MM kepada Tvberita.co.id saat konferensi pers di kantornya, Selasa(16/4/2019).

Dikatakan Unting, Rumah sakit di Karawang baru hanya satu yang melayani untuk pasien penyakit jiwa. Namun hanya poli bukan rumah sakit khusus seperti di Cisarua Bandung. Dirinya berharap agar tidak ada mengalami stres paska pemilu serentak 2019.

“Kabupaten Karawang baru hanya bentuk Poli di RS Islam, kalau mau lebih lengkap dan dirujuk di Cisarua Bandung untuk menginap bisa pasiennya,” paparnya.

Sekedar informasi, BPJS Kesehatan menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit. Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakukan pembayaran sebesar Rp 1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Sampai hari ini, tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo, akan dibayar BPJS Kesehatan dengan mekanisme first in first out. Urutan pembayarannya disesuaikan dengan catatan kami. Rumah sakit yang lebih dulu mengajukan berkas secara lengkap, tentu transaksi pembayaran klaimnya akan diproses terlebih dulu. Upaya menuntaskan pembayaran fasilitas kesehatan ini dapat terwujud karena ada dukungan penuh dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan,” pungkasnya. (KB)

Komentar Facebook