Beranda Headline Jokowi Teken PP, PNS yang Kinerjanya Buruk Terancam Dipecat

Jokowi Teken PP, PNS yang Kinerjanya Buruk Terancam Dipecat

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 tahun 2019 tentang penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang baru saja ditandatangani Presiden Ir. Joko Widodo.

 

Aparatur Sipil Negara (ASN) baik dipusat maupun di daerah, khususnya dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Karawang yang tidak bekerja sesuai target bisa dikenakan sanksi administratif hingga pemecatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, Aang Rahmatuallah, mengatakan dikaitkan dengan peraturan pemerintah diatas ASN yang bekerja bukan hanya sekedar hadir saja ke kantor, namun kualitas dan kuantitas kinerja yang terpenting.

“Jadi jelas tingkat kehadiran dikaitkan dengan kinerja, bukan hanya sekedar hadir saja. Jadi jika PNS dalam satu tahun target kinerjanya tidak tercapai bisa diberhentikan,”ujar Aang menjelaskan.

Aang yakin, jika PP ini disosialisasikan secara otomatis akan membawa perubahan terhadap kinerja PNS itu sendiri.

“Yang awalnya kehadiran 70 persen berbanding 30 persen, dimana tingkat kehadiran lebih besar, namun sekarang dibalik posisinya, yaitu Kinerja yang lebih besar yaitu 60 persen dibanding 40 persen kehadiran,” terangnya lagi.

Aang juga menyampaikan, PP No. 30 tahun 2019 tersebut, berkaitan juga dengan Aplikasi e-Kinerja yang diimplementasikan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang yang dinamakan PAREĀ (Performance Agrrement Report by Elekronik). Juga dengan pemberian Tunjangan Prestasi Pegawai (TPP) yang tidak bisa cair jika kinerja PNS tersebut tidak tercapai.

“Saya yakin jika PP ini disosialisasikan pasti akan ada perubahan dengan kinerja PNS itu sendiri, dimana tingkat kehadiran dihitung dari sasaran kinerja pegawai (SKP), Saya saja jika tingkat kinerja. tidak tercapai, non job,” pungkasnya menutup pembicaraan.(nna/ris)

Komentar Facebook