Beranda Headline Jokowi Tolak Permintaan Bantuan Senjata dari Zelenskiy

Jokowi Tolak Permintaan Bantuan Senjata dari Zelenskiy

Presiden Joko Widodo (Foto: Instagram @jokowi)

JAKARTA- Perang Antara Rusia dan Ukraina terus berkecamuk sampai saat ini hal ini pun menjadi sorotan dunia termasuk Indonesia.

Presiden Joko Widodo melakukan komunikasi via telepon dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy pada Rabu (27/4/2022)

“Dari Presiden Zelenskiy saya memperoleh informasi mengenai perkembangan situasi saat ini di Ukraina, selain itu ada berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia,” tulis Jokowi seperti dilansir di Instagram pribadinya @jokowi.

Presiden Jokowi juga menegaskan Indonesia tidak akan mengabulkan permintaan bantuan senjata dari Zelenskiy hal itu bertentangan dengan prinsip politik bebas aktif Indonesia.

Baca Juga: Hadapi Arus Mudik, Ketua DPR RI Ingatkan Pemerintah: Tragedi 2016 Jangan Terjadi Lagi

“Saya menegaskan, bahwa konstitusi dan prinsip politik luar negeri Indonesia melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain,” tambahnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga siap memberikan bantuan kemanusiaan untuk Ukraina.

“Saya menyampaikan kesiapan Indonesia, untuk memberikan bantuan kemanusiaan seraya berharap agar perang segera berakhir, dan solusi damai melalui perundingan dapat di kedepankan,” tulisnya lagi.

Untuk diketahui, Indonesia sebagai Presidensi G20, akan mengundang Presiden Zelenskiy untuk hadir di KTT G20 pada Oktober 2022 di Bali. (ddi)