Beranda Headline Ketua DPRD Kecewa RSUD Karawang Gagal Serap Bantuan Rp18 Miliar

Ketua DPRD Kecewa RSUD Karawang Gagal Serap Bantuan Rp18 Miliar

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Tidak terserapnya anggaran pembangunan gedung maternitas yang merupakan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebesar Rp 18 Miliar sangat mengecewakan DPRD Kabupaten Karawang.

 

Pasalnya, bantuan tersebut diamanahkan untuk masyarakat Kabupaten Karawang, namun eksekutif dalam hal ini pihak RSUD Karawang, justru malah tidak mampu menyerap anggaran tersebut.

“Secara kelembagaan tentunya kami kecewa ketika ada bantuan dari propinsi yang luar biasa besar, namun tidak bisa terserap,” kata Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar, Kepada Tvberita.co.id.

Pendi mengaku, mengetahui adanya bantuan pembangunan gedung maternitas dari propinsi untuk RSUD Karawang, setelah ramai diperbincangkan publik. Sehingga kemudian ia meminta kepada Komisi III sebagai leading sektor terkait untuk menelusuri seperti apa permasalahan sebenarnya sehingga RSUD tidak mampu menyerap anggaran bantuan tersebut.

Pasalnya kata Pendi, pihak eksekutif hanya memberitahu akan mendapatkan bantuan keuangan dari propinsi. Namun tidak diberi tahu bantuan tersebut untuk apa dan berapa besarannya.

“Kita memang diberi tahu akan dapat bantuan, namun kaitan nominal berapa, dan keperluannya untuk apa kita tidak tahu,” ungkapnya.

Makanya secara kelembagaan, ditandaskan Pendi, DPRD sangat menyayangkan, karena seharusnya RSUD mampu memanfaatkan bantuan tersebut.

Dan untuk mengantisipasi hal ini terjadi lagi, DPRD akan mengoptimalisasi evaluasi triwulan.

Dimana, Pendi menerangkan, setiap triwulan sekali Badan Anggaran DPRD akan melakukan pemanggilan kepada SKPD dan menanyakan kaitan yang DPRD tidak pernah ketahui, misalnya Bantuan-bantuan baik dari propinsi maupun pusat.

“Kita akan lakukam evaluasi per triwulan sekali, jangan sampai seperti gedung maternitas ini,” tandasnya.(nna/dhi)