Beranda Headline Mahasiswa UBP dan Satgas Citarum Harum Aksi Bersih Sampah di Kalimalang

Mahasiswa UBP dan Satgas Citarum Harum Aksi Bersih Sampah di Kalimalang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Satgas Citarum Harum Sektor 17 Subsektor 5 Sungai Kalimalang dibantu Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang melaksanakan babad rumput dan pengambilan sampah di sepanjang aliran sungai Kalimalang Kabupaten Karawang, Sabtu (6/7/2019).

 

Pembabadan rumput dan pembersihan sampah sekitar bantaran sungai, dimulai sejak pukul 07.00 Wib, satgas dan para mahasiswa mahasiswi UBP ini terlebih dahulu melaksanakan apel pagi.

“Anggota satgas subsektor 5 dengan kekuatan 2 personil TNI dibantu mahasiswa UBP yang sedang melaksanakan kegiatan KKN, melaksanakan pembersihan aliran dan bantaran di sungai Kalimalang,” ujar Danramil Telukjambe 0411 Sub Sektor 5 DAS, Kapten Inf. Sukarya kepada Tvberita.co.id.

Kegiatan ini, lanjutnya, adalah tugas rutin harian satgas selain melakukan komunikasi sosial (komsos) dalam mensosialisasikan program citarum harum ke warga, tentang pentingnya menjaga lingkungan, khususnya ekosistem sungai dari pencemaran sampah domestik. Program citarum harum mendapat bantuan dari mahasisiwa UBP

“Kebetulan program citarum harum ini mendapat bantuan dari mahasiswa UBP, mensosialisasikannya kepada masyarakat, membantu pekerjaan kita,” ulasnya.

Dikatakan Danramil, Sektor 17 meliputi daerah bantaran sungai Curug sampai Cibeet dan ada 9 pos subsektor dimana masing- masing sub sektor ini membawahi satu sampai dua desa.

“Dan saat ini setelah dilakukan pembersihan masing- masing pos sudah ada yang sudah selesai 100 persen seperti pos 9,” kata Danramil menjelaskan.

Selain membersihkan bantaran sungai, lanjut Danramil, Satgas Sektor 17 Subsektor 5 juga memlaksanakan giat membersihkan jamban -jamban disepanjang bantaran sungai citarum barat.

“Karena air sungai kalimalang ini, merupakan kebutuhan pokok masyarakat jakarta, jadi harus benar benar kita netralisir,” paparnya.

Sebagai solusi, kata Danramil, pihaknya akan membangun MCK umum sebagai ganti jamban- jamban yang ada di seputaran kali.

Juga membuat Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di sepanjang bantaran sungai serta membuat tong sampah yang permanen.

“Program tadi masih dalam tahap perencaanan. Sementara kita targetkan dulu di sepanjang jalur BTD kali malang, harus steril dan harus benar benar terealisasi,”pungkasnya.(nna/ris)

Komentar Facebook