Beranda Headline Masa Bakti DPRD Habis, KPU Kota Bekasi Belum Jadwalkan Pleno Penetapan

Masa Bakti DPRD Habis, KPU Kota Bekasi Belum Jadwalkan Pleno Penetapan

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID-  Masa bakti anggota DPRD Kota Bekasi periode 2014-2019 berakhir tanggal 10 Agustus 2019, akan tetapi KPU Kota Bekasi belum juga melakukan rapat pleno untuk penetapan  pelantikan anggota  DPRD Kota Bekasi hingga Sabtu (10/08/2019) oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni  mengatakan, jadwal rapat pleno belum bisa  dipastikan sehingga anggota DPRD Kota Bekasi baru belum ditetapkan.

“Kita dari KPU Kota Bekasi belum bisa memastikan jadwal pelantikan para anggota DPRD Kota Bekasi yang baru, karena rapat  pleno penetapan anggota DPRD Kota Bekasi  baru akan digelar hari Senin tanggal 12 Agustus 2019,” ungkap Nurul Sumarheni kepada Tvberita.co.id.

Alasannya, kata Nurul, saat itu masih ada sidang sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Ada dua sengketa pemilu di Kota Bekasi yakni dari PPP daerah pemilihan dua Bekasi Utara dan Golkar.

“Sidang sengketa  baru  selesai  Jumat (9/8/2019), untuk itu, kita masih tunggu  surat salinan  putusan MK itu, agar bisa segera jadwalkan pleno pelantikan,” katanya Nurul lagi.

Anggota DPRD Kota Bekasi periode 2014-2019 habis pada 10 Agustus 2019, namun menurut Nurul, hal itu tak masalah.  Berdasarkan surat edaran Kementerian Dalam Negeri No 172/3914/OTDA tanggal 24 Juli, tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Anggota DPRD Kabupaten/Kota 2019, masa bakti anggota DPRD  periode 2014-2019 sampai pelantikan  Anggota DPRD baru.

“Pelantikan anggota DPRD Kota Bekasi  memang tidak tepat waktu, sementara di beberapa daerah sudah pada dilantik,  karena ada sengketa pemilu, tapi tak masalah masa bakti anggota DPRD lama tetap jalankan tugas sampai dilantik anggota baru,” ucapnya.

Setelah putusan MK, paling lambat akan menyampaikan salinan putusan ke KPU RI, dari KPU RI, kemudian diteruskan ke KPU Provinsi, lalu turun ke KPU Kota.

“Setelah itu dalam 5 hari KPU Kota harus menetapkan perolehan kursi parpol (partai politik) dan caleg (calon legislatif) terpilih dan mengajukan usulan pelantikan ke Gubernur melalui Wali Kota. Oleh karena itu, waktu atau jadwal penetapan anggota DPRD Kota Bekasi baru belum bisa dipastikan tanggalnya, namun diprediksi pelantikan akan digelar bulan agustus ini,” jelasnya.

Nantinya, pelantikan anggota DPRD Kota Bekasi baru akan dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Para anggota DPRD Kota Bekasi baru prode  2019- 2024 akan diambil sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bekasi,” tuturnya.(ais/ris)

Komentar Facebook