Beranda Headline Pemkab Karawang Gratiskan Pemeriksaan Covid-19, Ini Syaratnya…

Pemkab Karawang Gratiskan Pemeriksaan Covid-19, Ini Syaratnya…

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Pemkab Karawang melalui Rumah Sakit Khusus Paru (RS KP) Jatisari menggratiskan pemeriksaan Covid-19 kepada masyarakat Karawang.

Warga yang ingin memeriksakan diri karena masuk kategori, bergejala, atau khawatir bisa langsung mendatangi RS KP yang menjadi rujukan Pemkab Karawang.

“Warga bisa langsung memeriksakan diri, cukup menunjukkan KTP asli sebagai warga Karawang kepada petugas kesehatan di RS Paru,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, Dr. Fitra Hergayana, saat jumpa pers di Makodim Karawang.

Tidak hanya periksa. Pemkab juga menggratiskan biaya pengobatan bagi pasien, baik itu kategori ODP, PDP, atau terkonfirmasi positif Covid-19 demi menekan penyebaran virus di Karawang.

“Kalau masyarakat masuk salah satu dari kategori itu agar segera datang ke RS Paru agar cepat ditangani,” katanya.

Fitra mengatakan, virus corona sangat berbahaya bagi masyarakat karena bisa menimbulkan kematian. Hanya saja masyarakat diminta tidak perlu panik, namun harus tetap meningkatkan kewaspadaan. Hanya saja dia mengingatkan agar masyarakat juga tidak mengucilkan mereka yang msuk ketegori ODP, PDP dan positif Covid-19.

“Cukup jaga jarak dan dan sering cuci tangan dengan sabun dan dukung mereka,” katanya.

Sementara itu Dirut RSKP Karawang, dr. Anisah M Epid mengatakan untuk sementara pelayanan gratis pasien covid-19 hanya berlaku kepada pasien ODP dan PDP. Ini karena alat rapid untuk tes masih perlu diorder dan sangat terbatas. Makanya hanya pasien prioritas yang akan dilayani.

“Kita masih memiliki keterbatasan seperti ruang isolasi hanya 8 ruang dan 78 tempat tidur,” katanya.

Rumah sakit ini mulai beroperasi secara efektif, Senin (30/3/20). (fzy)