Beranda Headline Puluhan Kendaraan Dinas Masih Nunggak Pajak, Sekda Acep: Itu Kewajiban Pemakai

Puluhan Kendaraan Dinas Masih Nunggak Pajak, Sekda Acep: Itu Kewajiban Pemakai

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Selain menemukan 11 Unit kendaraan dinas roda empat bodong senilai ratusan juta rupiah, Badan Pengawas Keuangan (BPK) juga menemukan puluhan kendaraan dinas roda empat milik Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang yang masih menunggak pajak.

Padahal, pemerintah daerah Kabupaten Karawang melalui kas daerah, setiap tahunnya dapat dipastikan menggelontorkan anggaran untuk membiayai pemeliharaan kendaraan-kendaran dinas tersebut.

Di mana di dalamnya, tidak hanya mencangkup anggaran untuk pemeliharan kendaraannya saja, namun juga untuk pembayaran pajaknya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri menjelaskan mobil-mobil dinas yang masih menunggak pajak adalah mobil dinas yang dipinjam pakaikan.

Dikatakan Sekda, mengenai pembayaran pajaknya, itu adalah kewajiban si pemakai.

“Mobil-mobil itu kan yang pinjam pakai, di mana yang menjadi tanggung jawab si pemakai untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak. Misalnya kita menyerahkan ke mana, nah, pengguna inilah yang harus membayar pajaknya,” kata Sekda mencontohkan.

Terkait temuan BPK ini, Sekda pun akan melakukan teguran dan evaluasi. Agar si pengguna kendaraan ini mentaati semua aturannya dalam menggunakan kendaraan- kendaraan dinas milik Pemkab Karawang.

Disoal kaitan anggaran yang setiap tahun dikeluarkan untuk biaya pemeliharaan mobil- mobil tersebut, Sekda mengatakan itu tidak ada.

“Tidak ada, itu lain lagi,” tandasnya.

Sekda pun menandaskan, saat ini pihaknya masih melakukan penelitian untuk 11 unit mobil plat merah yang tidak memiliki kelengkapan dokumen (STNK).

“Aset-aset kendaraan roda empat ini banyak yang belum tertata. Kita sedang teliti,” pungkasnya. (nna/kie)