Beranda Headline Punya Sound System 2 Miliar, Disparbud Masih Nyewa untuk Festival Goyang Karawang

Punya Sound System 2 Miliar, Disparbud Masih Nyewa untuk Festival Goyang Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Sebuah event bercitarasa Internasional Festival Goyang Karawang akan digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang di Kawasan Galuh Mas, Telukjambe Timur, Karawang.

 

Event ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Karawang ke-386. Berbagai persiapan pun terus dilakukan oleh pihak penyelenggara acara demi suksesnya kegiatan ini.

Anggaran yang dikeluarkan pemerintah daerah untuk acara Festival Goyang Karawang ini pun tidak sedikit, kurang lebih sekitar Rp. 2,2 Miliar.

Dari informasi yang dihimpun TVBERITA.CO.ID dilapangan, anggaran tersebut digelontorkan untuk membiayai berbagai kegiatan diantaranya adalah makan dan minum ribuan peserta MURI dan tamu undangan, biaya akomodasi dan transportasi ratusan tamu undangan mancanegara yang berasal dari 5 benua, dekorasi panggung dan biaya-biaya lainnya, termasuk salah satunya adalah biaya sewa panggung dan biaya sewa sound system.

Pertanyaannya adalah, mengapa kemudian pihak penyelenggara acara yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang harus mengeluarkan biaya sewa sound sistem dari luar, sementara Karawang sendiri memiliki sound sistem yang lengkap dan canggih seharga hampir sama dengan anggaran kegiatan tersebut.

Ketika TVBERITA.CO.ID dikonfirmasikan hal ini kepada Disparbud Kabupaten Karawang melalui Bidang Kebudayaan, pihak Disparbud membenarkan adanya penyewaan sound sistem dari luar.

Dan sound sistem itu disewa untuk dipasang dipanggung utama (Main Stage), sementara sound sistem milik Disparbud senilai Miliaran rupiah itu akan dipasang dipanggung kedua (stage II).

“Saya tidak memiliki kewenangan untuk menjelaskan lebih jauh, silahkan ke pak Kadis saja, nanti kita akan menggelar konferensi pers, kita akan undang semua awak media kita akan jelaskan semua disana,” katanya.

Sementara itu, setelah di konfirmasi TVBERITA.CO.ID melalui pesan singkatnya, Kepala Disparbud Kabupaten Karawang,Okih Hermawan belum memberikan jawaban.

Diketahui sebelumnya, Pemkab Karawang di tahun 2017 lalu melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, membeli satu set peralatan sound system modern yang super canggih dan lengkap seharga kurang lebih Rp. 2 Miliar, dari mulai set panggung lengkap, sound, amplifier, audio studio, lighting dengan kemampuan cahaya dengan watt yang super besar dan artristik.

Pada saat itu kepada TVBERITA.CO.ID Kepala Disparbud Kabupaten Karawang, Okih Hermawan, menuturkan, keinginan Disparbud memiliki set panggung lengkap sendiri tersebut salah satunya untuk melakukan efesiensi anggaran karena tidak lagi harus mengeluarkan biaya penyewaan.

“Dimana biasanya daerah menganggarkan ratusan juta untuk biaya sewa alat di setiap event, tapi dengan memiliki alat sendiri kita hanya mengeluarkan biaya operasional teknisi dan perawatan saja,”jelasnya saat itu meyakinkan.(nna/dhi)