Beranda Headline Ragam Produk Khas Kabupaten Bekasi Hadir di West Java Chrafhastival 2019

Ragam Produk Khas Kabupaten Bekasi Hadir di West Java Chrafhastival 2019

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat menggelar West Java Crafhastival-Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2019 pada Sabtu (26/10).

 

Acara yang berlangsung di Gasibu Gedung Sate, Kota Bandung ini berlangsung selama 3 hari yaitu sejak tanggal 25-27 Oktober 2019.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil, Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih, Vice President of Record Holder Republic Lia Mutisari, perwakilan seluruh Walikota ataupun Bupati se Jawa Barat, beserta unsur muspida Jawa Barat.

Dalam sambutan singkatnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dengan adanya pekan kerajinan Jawa Barat ini membuktikan bahwa Jawa Barat sangat kaya dengan budaya dan kreativitasnya.

Sebanyak 24 stand kabupaten/kota, 11 stand UKM pendukung, 25 stand kuliner, dan 10 stand week and market, ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Salah satunya adalah Kabupaten Bekasi.

Sri Sugiarti, pengusaha batik khas bekasi yang memamerkan karyanya pada ajang PKJB kali ini mengatakan, acara ini merupakan ajang promosi, khususnya untuk Batik Bekasi.

Menurutnya, banyak masyarakat luas yang masih belum mengetahui jika Kabupaten Bekasi ternyata memiliki Batik khas daerahnya.

Karya batik khas Kabupaten Bekasi sendiri menggambarkan realitas sosial masyarakat yang sengaja diangkat debagai upaya untuk mewujudkan nilai-nilai masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Kita disini menonjolkan kearifan lokal Batik Kabupaten Bekasi, agar masyarakat juga bisa lebih tau gitu kalau Kabupaten Bekasi juga punya batik khas daerahnya sendiri” jelas Sri.

Tidak hanya berpartisipasi dalam memamerkan stan IKM batik khas Bekasi saja, tetapi Kabupaten Bekasi juga ikut serta dalam Helaran mobil hias yang dinilai langsung oleh Gubernur Jawa Barat.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi Puji Nugraha dalam wawancara singkatnya mengatakan, keikutsertaan Dekranasda kali ini memiliki tujuan untuk mempromosikan produk-produk daerah Kabupaten Bekasi.

“Seperti helaran mobil hias yang akan kami tampilkan ini, berbentuk keranjang yang memiliki filosofi bahwa Dekranasda adalah sebagai wadah promosi bagi IKM” jelas Puji.

Produk unggulan yang ingin ditonjolkan selain batik khas Bekasi adalah inovasi produk jam tangan dari batok kelapa, yang sebelumnya telah berhasil mendapat perhatian di tingkat Provinsi dan seterusnya diharapkan bisa menjadi salah satu produk unggulan khas Kabupaten Bekasi yang memancanegara.

Puji pun berharap dengan keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Bekasi dalam acara ini, produk-produk daerah Kabupaten Bekasi lainnya dapat dikenal minimal oleh seluruh warga Jawa Barat yang hadir pada acara ini.

Diakhir acara, Mobil Hias Dekranasda Kabupaten Bekasi berhasil menyabet juara Harapan II yang diumumkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat.(hms/kb)