Beranda Headline Rawan Cuaca Ekstrem, Pemudik Diminta Waspada Lintasi Karawang

Rawan Cuaca Ekstrem, Pemudik Diminta Waspada Lintasi Karawang

KARAWANG– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengingatkan agar para pemudik waspada cuaca ekstrem saat hendak masuk atau melintasi wilayah Kabupaten Karawang.

Pasalnya, berdasarkan pengamatan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, beberapa wilayah sedang memasuki peralihan musim yang dapat mengakibatkan cuaca ekstrem, termasuk wilayah Karawang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, Karawang sebenarnya mulai memasuki musim kemarau.

Hanya saja, di sejumlah wilayah masih memasuki peralihan musim.

“Tentunya kondisi ini berpotensi memicu hujan sedang maupun sangat lebat hingga ekstrem dan dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang,” ujarnya, pada Rabu (27/4/2022).

Dia menambahkan, ciri-cirinya yakni kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya.

“Peralihan musim di momen mudik ini akan terjadi hingga awal Mei mendatang. Ini berdasarkan prospek cuaca ekstrem mingguan di sejumlah wilayah Jawa Barat, mulai dari 25 April sampai 1 Mei itu Kabupaten Karawang masuk ke daftar wilayah yang masuk ke cuaca ekstrem,” jelas dia.

Yasin mengimbau, diharapkan kepada masyarakat untuk dapat melihat kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Informasi terbaru cuaca dapat dilihat melalui aplikasi BMKG maupun akun media sosial BPBD Karawang.

“Masyarakat tetap harus waspada dan mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem saat perjalan mudik,” tutupnya.