Beranda Headline Sembilan Bulan Tidak Terima Honor, Perangkat Desa Kertasari Dengklok Terpaksa Ngutang

Sembilan Bulan Tidak Terima Honor, Perangkat Desa Kertasari Dengklok Terpaksa Ngutang

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Miris, sembilan bulan honor Perangkat Desa Kertasari, Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, belum dibayar.

Dikatakan Sekdes Kertasari, Heri, dirinya beserta puluhan perangkat desa lainnya sudah sembilan bulan tidak menerima honor. Hal itu terjadi sebelum adanya pergantian kepala desa hasil Pilkades serentak November 2018 sampai saat ini.

“Di tahun 2018 kami hanya menerima honor selama enam bulan pas pencairan ADD tahap I 2018. Sisanya enam bulan berikutnya kami tidak menerima honor karena ADD tahap II 2018 Desa Kertasari tidak cair sampai saat ini,” ungkap Heri, Kamis (14/3).

Menurut dia, adanya permasalahan hukum yang menimpa mantan Kades Kertasari, Aang, membuat ADD tahap II tidak cair di tahun 2018. Sehingga berimbas kepada tidak dibayarnya honor para perangkat desa sampai terjadinya pergantian kepala desa. “Meskipun banyak perangkat yang sudah tidak aktif, tetapi mereka tetap menanyakan kepada saya kapan haknya diberikan,” imbuhnya.

Selain kendala tersebut, menurut dia ada perubahan sistem pengajuan yang memakai Siskeudes menambah kesulitan untuk mengajukan pencairan. Sehingga sampai saat ini honor mereka tak kunjung cair.

“Harapannya sih masih ada pak, saya sudah menghadap ke DPMD Kabupaten Karawang, dan saat ini pengajuannya sedang dilakukan, mudah-mudahan bisa secepatnya cair,” harapnya.

Akibat keterlambatan pencairan honornya tersebut, Heri mengaku terjerat hutang untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut juga dialami oleh rekan-rekannya yang lain sesama perangkat desa.

“Mau tidak mau pak, untuk menutup kebutuhan kami terpaksa hutang sana hutang sini, dengan harapan secepatnya honor kami dibayar pemerintah,” keluhnya.

Sementara Camat Rengasdengklok, Asep Wahyu, sampai berita ini diterbitkan belum memberi keterangan karena sedang tidak ada di tempat. (yay/fzy)

Komentar Facebook