Beranda Headline Uang Palsu Jelang Pemilu 2019, Polisi Minta Warga Waspada

Uang Palsu Jelang Pemilu 2019, Polisi Minta Warga Waspada

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Menjelang pemilihan umum 17 April 2019, uang palsu mulai marak beredar di Karawang. Tidak tanggung-tanggung, uang palsu yang beredar dalam pecahan Rp 100 ribu. Kali ini korbannya penjual pom bensin Bahan Bakar Minyak (BBM) mini.

 

“Saya sudah dua kali terima uang palsu dengan besaran uang pecahan Rp 100 ribu. Saya geram akhirnya saya suruh anak saya melakukan pelaporan kepada polsek kotabaru,” ujar Ujang Hasim, warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Minggu (7/4) saat ditemui dikediamannya.

Menurut Ujang, bagi pedagang kecil seperti dirinya, kerugian yang diderita dirinya adalah cukup besar. Karena mencapai Rp200 ribu yang seharusnya menjadi laba bagi usahanya tersebut.

“Lantaran kejadian tersebut bukan hanya saja menimpa dirinya melainkan pelaku usaha yang lainya yang se profesi penjual BBM. Saya akhirnya melapor. Yang pertama saya tahu uang palsu saat membeli BBM ke POM, sama petugas dicek uang yang saya bawa ternyata palsu,” ungkapnya.

Diceritakan Ujang, kejadian tersebut terjadi pada (15/3) lalu. Namun akibat kembali mendapat uang palsu pada (6/4), dirinya langsung menghubungi anaknya untuk melakukan pelaporan kepihak berwajib.

“LP/b-62/IV/2019/JBR/RES KRW/SEK KOTABARU. Saya sudah suruh anak buka LP. Saya hawatir kalau ini tidak dilaporkan akan menimpa orang lain,” ungkapnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Kotabaru Ipda Asep Nugraha S.H menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat yang telah proaktif atas adanya dugaan peredaraan uang palsu yang tentunya menimbulkan kerugian kepada masyarakat. Kapolsek pun menghimbau agar masyarakat dapat lebih hati-hati dan teliti lagi ketika menerima uang dari seseorang dalam keadaan mencurigakan.

“Saya minta waspada dan hati-hati kepada masyarakat terkait peredaran uang palsu kita akan lidik. Kita akan lidik dan tindak lanjuti (kasus ini),” pungkasnya.(nin/ds)