Beranda Headline Usir Penjajah, 4.000 Orang Bakal Kepung Kawasan Industri KIIC

Usir Penjajah, 4.000 Orang Bakal Kepung Kawasan Industri KIIC

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – 4.000 massa dari unsur GMBI, Laskar NKRI, BPPKB Banten, dan FKKPI akan mengepung kawasan industri KIIC, besok, Kamis (9/5).

Pengerahan massa ini adalah buntut deadlock pembahasan kerja sama perusahaan di kawasan industri dengan pengusaha lokal.

“Ada monopoli yang dilakukan pengusaha luar Karawang di kawasan industri. Tuntutan kami besok, kami menuntut perusahaan memberi peluang terhadap pengusaha lokal,” kata Ketua LSM GMBI Distrik Karawang, Dewa Sena.

Selama ini, kata Dewa, perusahaan sudah bersikap tidak adil karena memprioritaskan pengusaha lokal.

“Malah, pengusaha luar Karawang berperan sebagai aktor yang memonopoli kawasan industri,” kata Dewa.

Ia berharap dengan aksi pengerahan massa bisa mengubah paradigma yang selama ini terjadi.

“Setelah dari kawasan, demonstrasi akan dilanjutkan ke Pemda Karawang. Tuntutannya sama. Kami menuntut pemerintah membuat peraturan daerah yang isinya pemerintah harus memprioritaskan pengusaha lokal.”

Dewa juga menyinggung upaya mediasi yang berakhir deadlock lantaran ada petinggi Karawang yang jadi beking pengusaha luar Karawang.

“Ada petinggi yang tidak bisa saya sebut namanya. Ini miris, dari dulu sampai sekarang, pengusaha lokal mau maju ke permukaan tapi malah ditenggelamkan.”

“Saya dan kawan-kawan LSM yang lain menentang orang luar di Karawang. Kalau memang kemudian perusahaan tidak mau berinvestasi di Karawang, ya sudah, angkat kaki saja.”

“Keliru kalau kami disuruh mundur karena kami pribumi. Kalau memang pemerintah atau perusahaan tidak mau berbagi dengan perusahaan lokal dan pribumi, maka kami sebagai pengusaha lokal akan beraliansi untuk mengusir penjajah-penjajah itu keluar,” sambung Dewa menyinggung upaya mediasi yang berakhir deadlock. (fzy)

Komentar Facebook