Beranda Headline Wujudkan Melek Literasi dengan Gerakan Gemar Membaca dan Menulis

Wujudkan Melek Literasi dengan Gerakan Gemar Membaca dan Menulis

CIREBON, TVBERITA.CO.ID- Gerakan gemar membaca dan menulis digelorakan Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk menjadikan Kota Cirebon Melek literasi.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti herawati dalam kegiatan Silaturahmi antar Komunitas dan Pegiat Literasi dalam rangka mengimplementasikan Cirebon Smart City 2019 di Mini Comand Center DKIS Kota Cirebon, Senin (22/4).

Eti mengatakan berbagai komunitas gemar membaca dan menulis sudah terbangun di Kota Cirebon.

“Komunitas membaca dan menulis tentunya harus terus berkembang dan Alhamdulillah sudah banyak di Kota Cirebon. Hal ini juga didukung dengan adanya gerakan Bunda Literasi di Kota Cirebon,” ungkap Eti yang juga sebagai Bunda Literasi.

Eti menambahkan kegiatan literasi di Kota Cirebon sudah berjalan baik dibantu segenap komunitas dan penggiatnya. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jabar untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui kemudahan akses informasi dan tempat baca alternatif. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat meluncurkan Perpustakaan Jalanan atau dinamakan Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) dan Candil (Maca Dina Digital Library).

“Di Kota Cirebon sudah terdapat 10 Kolecer yang diharapkan dapat membantu gerakan literasi. Minat baca orang Indonesia cenderung rendah, orang kita tidak suka membaca dan tidak suka menulis. Oleh karena itu, kita akan membuat hal itu berubah melalui sebuah gerakan literasi dimana semua pihak harus berpartisipasi,” ujar Eti yang baru meraih juara 3 Mendongeng tingkat Jabar.

Melalui kreativitas, Kolecer ini bisa ditempatkan dimana saja di tempat berkumpulnya warga atau komunitas. Kolecer bisa ditempatkan ditempatkan di trotoar dan taman sehingga memudahkan warga ingin membaca.

“Jadikan perpustakaan itu tempat bermain warga, tempat berkumpul komunitas warga tapi dikelilingi oleh buku-buku,” kata Eti.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman, SIP MSi mengatakan DKIS sebagai pelaksana smart city merangkul seluruh kalangan agar dapat berpartisipasi menggerakan kegiatan-kegiatan untuk memajukan Kota Cirebon. Smart City bakal terwujud jika melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Pelibatan kegiatan di masyarakat sudah banyak. Salah satunya akan ada acara Caruban Literasi Festival yang akan diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Senja pada 26-27 April mendatang. Kegiatan akan diikuti segenap komunitas literasi dapat berpartisipasi,” ujar Iing.

Iing menambahkan pihaknya merasa bangga dengan prestasi yang baru saja ditorehkan oleh Wakil Walikota Eti Herawati menjadi juara ketiga mendongeng di acara Literasi Pemprov Jawa Barat, Sabtu (20/4) kemarin.

Prestasi ini diharapkan memberikan semangat bagi kalangan literasi di Kota Cirebon dan pelajar untuk meningkatkan kemampuannya.(hms/kb)

Komentar Facebook