Beranda Health 8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anak Muda

8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anak Muda

Tips memilih asuransi kesehatan
Ilustrasi asuransi kesehatan. (Istimewa)

TVBERITA.CO.ID – Pemanfaatan produk asuransi kesehatan menjadi salah satu bagian penting saat ini. Kepemilikan asuransi berguna untuk memproteksi dirimu dari berbagai kemungkinan di masa depan.

Namun jika kamu masih kebingungan menentukan asuransi mana yang tepat untuk mu, berikut kami bagikan sederet tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih asuransi kesehatan yang tepat dirangkum dari medcom.id:

1. Melihat track record perusahaan asuransi

Tips asuransi jiwa untuk para pemula yang pertama adalah memperhatikan track record perusahaan asuransi yang Anda pilih. Asuransi jiwa memiliki waktu pemakaian jangka panjang. Anda harus mengecek apakah keuangan perusahaan tersebut stabil dan mengecek apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Lebih lanjut, Anda juga bisa mengecek perusahaan asuransi dari prosedur pendaftaran dan apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

2. Memilih premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial

Sebagian anak muda memiliki gaya hidup yang tinggi tanpa memikirkan masa depan. Tidak jarang sebagian anak muda terjebak gaya hidup tinggi dan lupa untuk mempersiapkan masa depan.

Baca juga: Imlek 2023 Jadi Tahun Kelinci Air, Ini Maknanya Berdasarkan Mitologi Tiongkok

Sebagai anak muda, ada baiknya Anda melakukan perencanaan keluarga yang baik. Anda harus mempersiapkan perencanaan kesehatan dan jiwa agar tidak membebankan orang lain di masa depan. Anda bisa membuat alokasi anggaran premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai premi asuransi mengganggu keuangan Anda.

3. Jangan menunda membeli asuransi

Sebagian anak muda tidak membeli asuransi karena merasa tidak akan mendapatkan manfaat secara langsung. Jika Anda membeli produk asuransi di usia tua harga preminya semakin mahal karena biasanya perusahaan asuransi mengharuskan medical check-up untuk mengecek kesehatan sebelum mendapatkan asuransinya.

Kondisi kesehatan juga bisa mempengaruhi harga premi produk asuransi. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli produk asuransi pada umur yang masih muda sewaktu Anda juga masih sehat.

4. Beli produk asuransi yang sesuai kebutuhan

Terdapat banyak produk asuransi mulai dari Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Pendidikan, hingga Asuransi Kendaraan. Pastikan Anda memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada baiknya Anda jangan membeli produk asuransi dengan banyak fitur tambahan yang sebenarnya Anda tidak butuhkan karena akan membuat harga premi meningkat.

5. Teliti jika ditawarkan produk cash plan

Jenis produk asuransi cash plan memang sangat menggiurkan, dengan premi yang murah biaya rawat inap seluruhnya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Namun patut diperhatikan produk asuransi cash plan yang memberikan biaya pertanggungan hanya untuk biaya kamar saja, belum termasuk biaya obat-obatan dan perawatan di rumah sakit tersebut.

Pastikan Anda membeli produk asuransi yang menanggung seluruh biaya berobat ya!

Baca juga: Begini 7 Tips Agar Ikan Cupang Kesayangan Tetap Cantik

6. Teliti kembali syarat menjalani rawat inap

Kebanyakan polis asuransi tidak memberikan pertanggungan untuk biaya rawat inap. Pastikan asuransi yang Anda beli menanggung biaya rawat inap

Bayangkan saja jika sewaktu-waktu Anda harus dirawat inap namun tidak bisa mengajukan klaim, merugikan sekali bukan?

7. Pilih asuransi murni

Seringkali Anda diharuskan membayar premi asuransi per bulannya ditambah dengan biaya investasi (tabungan). Jika Anda hanya menginginkan fasilitas berupa dana kesehatan saja, pastikan memilih asuransi kesehatan murni agar tidak membayar biaya tambahan perbulannya.

8. Belilah asuransi sewaktu sehat

Membeli asuransi sewaktu sehat adalah hal bijak yang bisa dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa berjaga-jaga jika sewaktu-waktu jatuh sakit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pengobatan lagi.

Nah, itulah beberapa tips memilih asuransi kesehatan untuk anak-anak muda dan pemula yang bisa dijadikan referensi. Jangan lupa untuk memilih asuransi yang memiliki banyak manfaat!