Beranda Health Deteksi Dini Nyeri Sendi Melalui Olahraga

Deteksi Dini Nyeri Sendi Melalui Olahraga

KOTA BEKASI – Selain deteksi dini, cara terbaik agar terhindar dari penyakit adalah dengan berolahraga. Pun termasuk terhindar dari penyakit nyeri sendi yang kerap hadir saat usia semakin bertambah.

Dokter Spesialis Orthopedi dari Siloam Sentosa Bekasi, dr. Alfa Januar Krista, Sp.OT. MKes. FICS, melalui edukasi pada kanal live Instagram menyampaikan bahwa pencegahan bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi.

“Salah satunya nyeri pada lutut yaitu menghindari cedera, menjaga berat badan agar tetap ideal, kemudian melakukan kegiatan rutin berolahraga. Adapun olahraga yang dianjurkan bisa dengan berenang dan bersepeda,” ungkap dr. Alfa Januar Krista, Sp.OT. MKes. FICS.

Baca juga: Jawab Kebutuhan Penanganan Jantung, Siloam Hospitals Cikarang Hadirkan Layanan Cathlab

Dikatakan dokter Alfa, ada banyak alasan mengapa olahraga air adalah pilihan yang tepat untuk penderita nyeri sendi, yaitu meningkatkan kelenturan anggota gerak tubuh dan meningkatkan kekuatan otot tanpa memberi beban berat pada sendi dan tulang belakang.

“Selain itu bermanfaat pula mengembalikan fungsi sendi yang terasa nyeri tanpa memperburuk gejalanya, melatih pergerakan otot tubuh termasuk memelihara kebugaran tubuh,” tutur dokter Alfa pada edukasinya yang diikuti puluhan viewer.

Sejumlah manfaat berenang ini bagi kebugaran tubuh dan otot, pun dapat pula dilakukan melalui olahraga bersepeda dengan menyesuaikan umur dan periode latihan. Mengingat sendi berada di berbagai bagian tubuh, rasa sakit atau nyeri yang dialami bisa terasa di persendian mana saja pada tubuh. Lalu, sebenarnya bagaimana tanda nyeri sendi, apa saja penyebab dan bagaimana mengobatinya?

“Sendi lutut yang terdiri dari tulang dan jaringan lunak. Adapun tulang terdiri dari tulang yang dari paha dan juga tulang yang dari tulang kering. Di antara itu ada celah sendi yang bisa bergerak,” jelasnya.