Beranda Bekasi Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi

dr. Dave Anderson, Sp.A

Sebelum berkonsultasi dengan dokter, para orang tua perlu mengenali gejala alergi dan memantau perkembangan anak. Perhatikan keluhan yang dialami oleh anak dan gejala yang muncul.

Perihal waktu, orang tua juga perlu memantau keluhan yang muncul termasuk akut terjadi secara cepat) atau kronis , terjadi dalam waktu yang lama). Dan jangan lupa perhatikan pola dan faktor pencetusnya. Apakah keluhan muncul secara berulang atau tidak? Apakah faktor pencetus terjadinya gejala selalu sama atau tidak?

Hal yang paling penting pada deteksi dini alergi pada anak adalah orangtua juga perlu memerhatikan riwayat alergi yang dialami oleh salah satu orang tua maupun salah satu saudara kandung.

Baca Juga: Tekan Kasus Stunting, Pemkab Bekasi Bentuk TPPS

“jika muncul gejala alergi pada anak, ingat kata kuncinya! Terjadi secara kronis, berulang dengan paparan sejenis, dan memiliki riwayat alergi dalam keluarga.” papar dr.Dave

Gejala klinis alergi pada anak bervariasi sesuai dengan usianya. Maka dari itu, jika muncul gejala alergi setelah anak mengonsumsi atau menyentuh sesuatu, lakukan deteksi secara dini dengan memerhatikan keluhan yang dialami anak.

“apabila sudah terlihat faktor pencetus alergi pada anak, seperti makanan, hewan, maupun debu, segera hindari. Perhatikan juga riwayat alergi orangtua yang berpengaruh pada kesehatan anak,” bebernya (ais).

1
2
Artikel sebelumnyaKekerasan Terhadap Anak Tinggi, Pemkab Sosialisasikan Perda KLA
Artikel selanjutnyaPlt Walkot Bekasi Dampingi Kapolri Sidak Perusahan Minyak Goreng di Bekasi