Beranda Headline Peringati World Kidney Day, RSUD Karawang Ajak Masyarakat Sadar Kesehatan Ginjal

Peringati World Kidney Day, RSUD Karawang Ajak Masyarakat Sadar Kesehatan Ginjal

World kidney day di karawang
RSUD Karawang memperingati World Kidney Day bersama masyarakat.

KARAWANG – RSUD Karawang memperingati hari ginjal sedunia (world kidney day) dengan senam sehat bersama warga Karawang.

Kegiatan yang dihelat di lapangan Festive Galuh Mas Karawang ini menggandeng Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Karawang, Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (Porpi) Karawang dan stake holder lainnya.

Plt. Direktur RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana mengungkapkan, world kidney day diperingati setiap tanggal 9 Maret tiap tahunnya.

“Tema peringatan hari ginjal sedunia tahun ini adalah ginjal sehat untuk semua, antisipasi bencana, lindungi kelompok berisiko,” papar Fitra, Minggu (19/3/2023).

Baca juga: RSUD Karawang Pamer Sederet Langkah Benahi Kualitas Layanan, Apa Saja?

Selain senam sehat, kata dia, acara kali ini juga menyuguhkan sejumlah pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Pemeriksaan kesehatan oleh dokter spesialis ini gratis, pemeriksaan tensi dan gula darah gratis serta dilakukan penyuluhan tentang kesehatan ginjal,” katanya.

Tak hanya itu, warga yang mengikuti rangkaian acara juga berkesempatan mendapatkan doorprize menarik yang telah disiapkan.

Baca juga: Geram soal Ibu Hamil Meninggal Gegara Ditolak, Ridwan Kamil Minta Bupati Evaluasi RSUD Subang

“Pada acara ini juga dibagikan doorprize bagi yang aktif dan mampu menjawab pertanyaan seputar kesehatan ginjal,” imbuhnya.

Dirinya berharap, sosialisasi kesehatan ginjal yang dikemas dengan kegiatan menarik dapat mengedukasi masyarakat ihwal pentingnya melakukan pola hidup sehat, khususnya untuk mencegah penyakit ginjal.

“Kita harapkan terbangun kesadaran melakukan upaya pencegahan dini terhadap penyakit ginjal, dan mengetahui akses pengobatan untuk menangani penyakitnya,” tutup Fitra. (*)