Beranda Technology BNI Dukung Penyaluran Program Indonesia Pintar Madrasah 2017

BNI Dukung Penyaluran Program Indonesia Pintar Madrasah 2017

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- BNI dukung penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) Madrasah tahun 2017 untuk Jawa Barat melalui penyerahan simbolis Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa/siswi madrasah di Karawang bersamaan dengan Peresmian pelayanan satu atap Kanwil Kementerian Agama.

 

Melanjutkan kepecayaan yang diberikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia kepada Bank BNI dalam penyaluran dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) melalui tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk 185.604 siswa dan siswi madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTsN), dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia, di Karawang dilakukan penyerahan simbolis KIP untuk 8 orang siswa madrasah Ibtidaiyah, tawanawiyah dan aliyah di Karawang oleh Menteri Agama RI, dalam rangka kunjungan kerja dan meresmikan Gedung Pelayanan Satu Atap Kemenag Kabupaten Karawang.

Penyaluran ini merupakan rangkaian penyaluran simbolis guna menandai penyaluran yang telah dilaksanakan sebelumnya di Aceh, Gorontalo dan Jambi beberapa waktu yang lalu.

Hadir pada kesempatan ini Menteri Agama RI Lukman Hakim, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat dan Pemimpin BNI Kantor Wilayah Jakarta Kemayoran, Indomora Harahap.

“Dengan penyaluran di Karawang ini, BNI terus menunjukkan komitmen yang berkesinambungan dalam menyukseskan pelaksanaan dan penyaluran Program Pemerintah, dalam hal ini PIP dari kementerian Agama RI. kepada 185.604 siswa Madrasah baik MI, MTsN dan MA di seluruh Indonesia,” kata Pemimpin BNI Kantor Wilayah Jakarta Kemayoran, Indomora Harahap, pada Koran Berita.

Penyaluran PIP Kementerian Agama RI juga mengacu pada PIP yang sudah berjalan saat ini, dimana setiap siswa penerima manfaat dana PIP akan memperoleh KIP yang telah terintegrasi dengan sistem Tabungan. Tabungan tersebut berfungsi sebagai kartu identitas penerima bantuan PIP dan sebagai kartu ATM atau debit. Kartu ini dapat digunakan untuk mencairkan dana PIP di ATM, outlet BNI, atau di Agen46 BNI.

Untuk penyaluran PIP Kementerian Agama RI Tahun 2017 di Karawang ini, dilakukan penyerahan simbolis kepada 8 orang penerima dana bantuan PIP sekaligus KIP- nya untuk Kabupaten Karawang yaitu Muhammad Badrudin (MI Al Wahdah), Rizki Jaelani (MI Al Jihad I), Tia Permana (MI Cibungur), Azie Hermawan (MTs Nurul Huda), Dani Nurzaman (MTs Al Mukhtariyah), Siti Masruatul (MTs Sa Nurul Amal), Ahmad Khatim Syaibah (MA Al Ishlah) dan Siti Aidah (MAN Al Irfan) langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim.

Pemberian simbolis ini adalah mewakili dimulainya penyaluran PIP Madrasah untuk siswa lainnya Propinsi Jawa Barat yang akan dilakukan secara bertahap meliputi beberapa kota se propinsi Jawa Barat. Bersamaan dengan penyerahan ini, BNI langsung melakukan ujicoba transaksi melalui KIP-baik melalui ATM BNI maupun Agen46 yang disediakan di lokasi acara.

” Ini adalah kesekian kalinya kami ujicobakan PIP khusus untuk PIP Madrasah 2017 dari Kementerian Agama RI melalui KIP yang terhubung dengan sistem Tabungan yang selama ini diberikan kepada siswa penerima dengan KIP yang berfungsi sebagai kartu ATM,” ujar Indomora.

Untuk memudahkan pencairan dana PIP, BNI membuka kesempatan bagi koperasi sekolah untuk menjadi Agen46 BNI, sebagai perpanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan, sehingga pencairan PIP dapat langsung dilakukan di koperasi tersebut. Melalui mekanisme ini, bantuan pemerintah bagi para siswa akan dapat diterima lebih tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, dan mudah dilakukan.

Sebagai dukungan terhadap Program Literasi Keuangan, BNI terus memperkuat sebaran sarana pencairan dana PIP melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada 2.017 Outlet, 16.977 ATM, dan 57.000 Agen46 di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, BNI juga memberikan Apresiasi untuk Siswa/siswi Madrasah yang berpestasi dalam bentuk Tabungan BNI Simpanan Pelajar untuk mendorong para siswa siswi madrasah untuk terus menunjukkan prestasi terbaiknya.

Acara penyerahan simbolis apresiasi kepada para siswa berprestasi diberikan kepada Najwa Haura Rabbani (Siswi MI Ar Rahman, Kerawang dengan prestasi Juara I Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat, Selvia Samrotul Aeni (Siswi MI Cahara, Cimahi, dengan prestasi juara dokter kecil tingkat nasional oleh IDI), Asih Nabila (Siswi MTsN 4 Karawang, dengan prestasi kejuaran pencak silat tingkat nasional), Muhammad Fadillah (siswa MTsN 1 Kota Bandung, Juara 2 kompetisi roket tingkat nasional & juara harapan II tingkat asia pasifik) dan Muhammad Fadhil (siswa MAN 1 Bekasi, dengan prestasi Timnas Pelajar U-16, juara 3 Barcelona Cup, Juara Gotha Cup China, Juara 2 Liga Top Skor Nasional U-14). (ars/ris)