Senin, 29 Mei 2017

RESMIKAN. Menkop UMKM meresmikan Tomiko Mart di Karawang. RESMIKAN. Menkop UMKM meresmikan Tomiko Mart di Karawang. cr11

Kemenkop UMKM Apresiasi Tomiko Mart Featured

Resmi di launchingkan, Toko Milik Koperasi (Tomiko) Mart dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia pada Sabtu (13/5). Minimarket yang dibentuk oleh koperasi ini merupakan terobosan terbaru perkoperasian di Jawa Barat, bahkan di Indonesia.


Tomiko mart terbentuk oleh 35 koperasi yang tergabung dalam konsorsium, kemudian konsorsium itu membentuk perusahaan bernama PT Tomiko Mandiri Indonesia (TMI). Gerakan koperasi tersebut diantaranya Koperasi Karyawan (Kopkar) perusahaan yang ada di kawasan industri, koperasi kelompok tani, Koperasi Unit Desa (KUD), termasuk Koperasi Persatuan Guru Republik Indonesia (KPRI).


Pembentukan Tomiko Mart ini berdasarkan arahan langsung dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, pada saat kepengurusan konsorsium bersama Dekopinda Karawang berkunjung ke kantor menteri, Desember 2016 lalu.


Sementara ini, konsorsium tersebut sudah membentuk PT TMI, pemegang saham dari PT TMI itu sementara dari 35 koperasi. Tomiko Mart ini akan masuk dalam satu jaringan online, masyarakat umum pun bisa belanja di Tomiko Mart, bahkan anggota koperasi lain pun bebas belanja di Tomiko mart mana pun dengan kartu keanggotaan koperasi yang mereka miliki.


Setelah peresmian Tomiko mart pertama yang kerjasaman dengan PT GS Battery pada 1 April 2017 di pertokoan Sentraland, Telukjambe, Karawang. Kemudian pada 6 April 2017 direksi beserta komisaris PT TMI kembali berkunjung ke kantor menteri, kemudian memaparkan tentang peresmian Tomiko mart ini kepada menteri.


Bersama menteri, direksi beserta komisaris PT TMI dan Dekopinda Karawang, juga didampingi Deputi Bidang Pengembangan SDM, Prakoso, kemudian Deputi Bidang Pemasaran, I Wayan Dipta dan Duta Koperasi, Dedi Gumelar (Miing), juga Dirut PT TMI, Ihin Solihin.


PT TMI diberi kewenangan oleh menteri untuk menjadi lembaga sertifikasi dalam pembentukan dan sistem management Tomiko di seluruh Indonesia, peresmian Tomiko mart pertama yang kerjasama dengan PT GS Battery dilakukan oleh menteri koperasi pada 13 Mei 2017 kemarin.


"Ini merupakan contoh di Indonesia, serta mencoba akan memfasilitasi ini dan menularkan ke seluruh Indonesia. Saya juga apresiasi kepada menteri yang respect terhadap koperasi di Karawang," kata Haris Suryana Direktur Marketing PT Tomiko Mandiri Indonesia.


Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga menyambut baik dan sangat mengapresiasi langkah KUKK. Pemerintah dalam hal ini Kemenkop UMKM berjanji akan mendukung penuh rencana-rencana dan program KUKK. Dukungan itu didapat saat pengurus KUKK ber audensi dengan Menkop UMKM Puspayoga, didampingi Deputi Kementerian Bidang Produksi dan Pemasaran I Wayan Dipta, Deputi Bidang Pengembangan SDM Prakoso BS dan Duta Koperasi Dedi Gumelar.


Dedi Gumelar, Selaku Duta Koperasi berharap konsorsium yang sudah dipromotori pegiat koperasi di Karawang bisa menjadikan konsorsium ke arah inconporated. Konsorsium, kata dia, sebagai wadah koperasi di Karawang mengakomodir berbagai macam koperasi.


"Diharapkan bisa menjadi contoh atau row model bagi koperasi di daerah lain dalam rangka menghidupkan kembali wadah koperasi di Indonesia," katanya.


Menurut Dirut PT TMI, Ihin Solihin, konsorsium ini dibentuk untuk mempermudah para koperasi yang ada di Karawang dalam memasarkan produknya. Konsorsium ini, katanya, berfungsi sebagai jembatan transaksi jual beli antara koperasi dengan pelanggan.


"Setiap anggota konsorsium memiliki anggota koperasi yang bervariasi jumlahnya. Seperti di Pindo Deli saja anggota koperasinya mencapai 9.000 orang," katanya.


Konsorsium memiliki potensi market yang jelas. Setiap mitra yang bekerja sama dengan konsorsium akan dibantu untuk distribusi pemasarannya ke 35 koperasi tersebut. Ihin mencontohkan, koperasi yang bergerak di bidang makanan atau sembako, bisa memasarkan produknya ke 35 koperasi hanya melalui konsorsium. (cr11/far)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.