Minggu, 19 November 2017

PILKADES.Warga Harap Pilkades Sukatani Tak Ada Politik Uang PILKADES.Warga Harap Pilkades Sukatani Tak Ada Politik Uang Foto Koran Berita/Adi Tarigan

Warga Harap Pilkades Sukatani Tak Ada Politik Uang Featured

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Tahapan kampanye dialogis Pilkades PAW Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta 11-12 November 2017 dilaksanakan di aula Desa Sukatani yang dihadiri oleh tiga orang calon Kepala Desa Sukatani, Pjs Kades Sukatani, Panitia Pilkades, Aparat Desa Sukatani dan para warga yang memiliki hak suara telah dilaksanakan dan akan memasuki masa tenang hingga pemilihan yang dijadwalkan 18 November mendatang.

 

Sebanyak 160 warga, yang memiliki hak suara dari kalangan aparat desa, tokoh agama dan masyarakat mengikuti kampanye dialogis dari tiga calon Kades Sukatani dari total 246 orang warga yang memiliki hak suara dalam kampanye dialogis tersebut.

"Jangan ada lagi kejadian seperti kemarin, jangan ada lagi money politic di Desa Sukatani, kalau calon mau bagi-bagi uang lebih baik disalurkan atau disumbangkan ke Mesjid atau Majelis Ta'lim," jelas salah satu tokoh agama Desa Sukatani, Sabtu (11/11).

"Hal demikian atau bagi-bagi uang kepada warga yang memiliki hak pilih terjadi di Pilkades Desa Sukatani, kalau calon itu menang kalau kalah bisa stroke," ujarnya.

Berhembus kabar sebelumnya telah terjadi money politic yang dilakukan salah satu calon yang maju di Pilkades Sukatani sehingga munculnya kesepakatan tidak ada money politic dan black campaign.

"Memang telah terjadi, dan dilakukan oleh salah satu calon dan melibatkan beberapa oknum, bahkan sudah ada yang menerima,"jelas salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

"Mencuatnya adanya money politic di Desa Sukatani karena adanya penolakan dari salah satu tokoh agama untuk menerima uang, dan mengembalikan kepada salah satu calon. Baguslah berani menolak dan semua terbuka telah terjadi upaya money politic untuk Pilkades Sukatani, tapi saya enggan menyebutkan siapa yang melakukan money politic," tegas warga.

Salah satu calon Kades Sukatani nomor urut tiga Asep Undang Juana yang akrab disapa Alex saat ditemui mengatakan sudah membuat kesepakatan sebelumnya jadi tidak akan terjadi "lagi" hal yang demikian.

"Ketiga calon Kades sudah membuat kesepakatan sebelumnya, jadi saya rasa tidak akan terjadi lagi indikasi money politic yang dilakukan para calon dan pendukungnya," ujarnya.

"Kami juga berharap, netralitas dari seluruh pihak baik aparat desa hingga Muspika Sukatani bahkan panitia Pilkades Sukatani lebih dikedepankan, karena kami telah berkomitmen menciptakan Pilkades yang kondusif jadi biarkan pemilik hak suara yang menentukan nanti siapa yang akan dipilih, dan masyarakat Sukatani kan cerdas untuk menentukan pilihannya," pungkasnya.(trg/ris)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.