Beranda Regional Amankan Natal, Jibom Polda Jabar Sterilkan Gereja di Karawang

Amankan Natal, Jibom Polda Jabar Sterilkan Gereja di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Jelang H-1 Perayaan Natal, Polres Karawang melakukan penyisiran gereja. Tim penjinak bom (Jibom) dari Polda Jabar dikerahkan di masing-masing wilayah untuk melakukan sterilisasi sejumlah Gereja Karawang, Minggu (24/12).

Seperti halnya di Gereja Katolik Kristus Raja di Jalan Parahyangan, Kelurahan Adiarsa Barat, Karawang Barat, Tim Jibom dari Polda Jabar dipimpin Kapolres Karawang menyisir setiap sudut gereja. Setiap tempat dan sisi ruangan dengan seksama diperiksa.

Kapolres Karawang AKBP Hendy Febrianto Kurniawan mengungkapkan, Polres Karawang dan TNI melakukan sterelisasi gereja untuk menjamin kemanan bagi para jemaah dari aksi teror.

“Tim Jibom hanya melakukan sterilisasi. Setelah dinyatakan steril, nantinya kami akan menempatkan personel baik dari Polres Karawang manapun Kodim 0604 Karawang,” katanya.

Hendy mengatakan, nantinya setiap ruangan di gereja atau rumah ibadah akan diperiksa secara detail. “Ini adalah tindakan pencegahan,” katanya.

Untuk mengamankan Natal, Polres Karawang menerjunkan 1017 personel.  Pasukan yang terdiri dari anggota Polres Karawang, personel TNI, dan Satpol PP bakal menjaga sejumlah titik vital.

“Operasi Lilin merupakan operasi terpusat dan operasi rutin kepolisian dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru,” tambahnya.

Hendy mengungkapkan, pihaknya sudah memetakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah. Ia juga memerintahkan pasukannya untuk menentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.

“Juga meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya,” katanya.(ris)