Senin, 10 Desember 2018

Anggaran Ditolak, Karangligar Belum Bebas Ancaman Banjir

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kecemasan warga Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang dari ancaman banjir menjelang musim penghujan nampaknya belum akan berakhir.

Terlebih, lokasi tersebut memang kerap menjadi langganan banjir. Dan telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Pasalnya, pembangunan Dam (bendungan) yang diharapkan dapat membebaskan wilayah Karangligar dari banjir belum juga nampak terwujud.

Hal tersebut dikarenakan pengajuan bantuan sebesar Rp. 32 Miliar yang diajukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang ditolak oleh Pemerintahan Propinsi Jawa Barat tanpa alasan yang tidak diketahui.

"Kami tidak tahu apa alasannya, karena itu merupakan kewenangan propinsi, yang kami tahu alokasi anggaran tersebut tidak jadi dialokasikan ke BPBD Karawang," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Asep Wahyu Suherman kepada Tvberita.co.id kemarin. 

Namun demikian lanjut Asep Wahyu, pihak BPBD sendiri sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapi kemungkinan bencana banjir kembali melanda. Banyak hal yang sudah dipersiapkannya, baik peralatan berupa tenda, perahu karet, maupun persiapan logistik dan relawan penanggulangan bencana yang siap bergerak.

"Bahkan BPBD sendiri sudah mengundang seluruh relawan bencana yang ada di Kabupaten Karawang untuk melakukan koordinasi dan kesiapan untuk menghadapi bencana banjir,"jelasnya.

Selain itu, sebagai bentuk solusi lainnya, BPBD pun kembali menindaklanjuti kajian yang telah diajukan ke Propinsi untuk dialihkan ke Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang bidang Tata Guna Air dengan anggaran yang sama.

"Kita telah mengusulkan kembali bentuk kajian yang telah kami ajukan ke propinsi ke Dinas PUPR dengan harapan kami agar permasalahan banjir di desa Karang Ligar ini bisa segera direalisasi sehingga banjir tidak terus melanda wilayah tersebut,"harapnya.

Dikatakan Asep Wahyu, pihaknya sendiri tidak mengetahui teknis pembangunan Karang Ligar itu seperti apa. Yang diinginkannya adalah solusi pencegahan dini untuk menghindari banjir yang kerap melanda wilayah tersebut.(nna/ris)

MORE

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Selain berdampak trehadap perubahan model bisnis, perke...