Rabu, 21 November 2018

Angka Pengangguran di Karawang Bakal Terus Bertambah

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Potensi pengangguran di Kabupaten Karawang setiap tahunnya diprediksi akan terus semakin tinggi. Hal itu karena selain lapangan pekerjaan yang terbatas, juga membludaknya lulus baru dan pendatang dari luar Kabupaten Karawang yang ingin mencari pekerjaan di Kota Industri ini.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemohon kartu pencari kerja yang mencapai 39000 sepanjang tahun 2017 hingga Juni 2018 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang, Suroto, tak membantah jika potensi pengangguran di Kabupaten Karawang semakin tinggi.

Oleh karenanya, Ia mengatakan, guna menyalurkan tenaga kerja yang profesional pihaknya terus melakukan penggagasan beberapa program pembinaan ketenagakerjaan dan terus melakukan koordinasi dengan perusahaan- perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang.

“Kami terus berupaya agar pengguran di Kabupaten Karawang ini terus berkurang, dan Alhamdulillah saat ini antara dua sampai tiga perusahaan membuka lowongannya di kantor Disnaker,"ungkapnya kepada Koran Berita beberapa waktu lalu.

Dikatakan Suroto, saat ini sampai bulan Juni yang lalu sudah sekitar 13000 pelamar dengan 90 persen pelamar asli Karawang yang sudah ditempatkan di perusahaan- perusahaan yang tersebar di wilayah Kabupaten Karawang baik di kawasan Industri maupun zona.

Dengan upaya yang maksimal dan berbagai cara pembinaan dan pelatihan - pelatihan kerja yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Karawang untuk menekan angka pengangguran khususnya kepada pencari kerja pribumi asli Karawang.

Suroto berharap dan meminta, kepada mereka para pencari kerja yang sudah ditempatkan diperusahaan - perusahaan agar dapat rajin bekerja serta menunjukan kompetensi yang dimiliki dirinya.

Ditambahkannya, bekerja diperusahaan terutama perusahaan milik asing itu tidaklah mudah. Ada aturan yang harus ditaati dan kualitas kerja yang harus terus digali.

Mengingat, sulitnya mencari pekerjaan, sehingga alangkah bijaknya jika apa yang mereka telah dapatkan dipertahankan dengan keuletan dan semangat yang tinggi.

"Seperti kita ketahui, bekerja diperusahaan asing itu bukan mudah. Kita harus berdiri berjam-jam bekerja sejak pagi kadang lembur hingga malam, dan itu semua butuh perjuangan tentunya semangat yang tinggi, keuletan dan kemampuan diri adalah modal utamanya. Karena mencari pekerjaan itu bukanlah mudah dan orang Karawang harus mampu buktikan bahwa mereka memang layak diperkerjakan,"tandasnya.(nin/ds)

 

MORE

Festival Marching Band Wonderland Waterpark Karawang

Festival Marching Band Wonderland Waterpark Karawang

KARWANG TVBERITA.CO.ID- Marching band festival yang diadakan oleh Wonderland Adv...