Beranda Regional Arus Balik, Polisi Siapkan Rekayasa One Way Hingga Buka Tutup Rest Area

Arus Balik, Polisi Siapkan Rekayasa One Way Hingga Buka Tutup Rest Area

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya menyebut pihaknya Polres Karawang bakal mengantisipasi kemacetan saat arus balik, utamanya, di Tol Jakarta-Cikampek.

Slamet menuturkan puncak kepadatan parah diprediksi akan berlangsung di Tol Jakarta-Cikampek km 66 yang merupakan pertemuan arus balik kendaraan dari arah Tol Cipali dan Tol Purbaleunyi. Dia memastikan pihaknya telah menyiapkan beberapa mekanisme untuk mengurai kepadatan yakni One way dan contra flow. 

“Beberapa rekayasa lalulintas yang akan kita siapkan diantaranya contra flow, buka tutup rest area, pengaturan parkir di rest area, pengalihan arus, one way traffic kalau memang kemacetan sudah sangat parah, ” kata Kapolres Karawang,  AKBP Slamet Waloya kepada TVBERITA.CO.ID, Minggu (17/6).

Kapolres menjelaskan diperkirakan  kemacetan arus balik di Tol Jakarta-Cikampek di Karawang akan terjadi di km 66 yang merupakan pertemuan tol Cipali dan Purbaleunyi. Selain itu,  titik rawan kemacetan lainnya adalah rest area dan parking bay yang berada di km 62, 52 dan 42.

“Kita sudah menyiapkan sejumlah personil penuh di wilayah -wilayah rawan macet, ” katanya.

Dikatakan mantan Kapolres Blitar tersebut, para personil juga akan disiapkan untuk melakukan patroli quick respon, tim urai kemacetan. “Nanti kita bangunkan jika ada pengendara yang istirahat dibahu jalan, ” katanya. 

Dirinya mengharapkan kepada para pemudik yang akan melakukan arus balik untuk tetap mengikuti arahan dari petugas kepolisian. “Selain itu tetap jaga konsentrasi, hati-hati.  Jika lelah istirahat ditempat yang telah disiapkan,” terang dia. (KB)