Rabu, 21 November 2018

Awasi Caleg Korupsi, KPU Karawang: Sudah DCT, Bisa Didiskualifikasi

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Caleg eks napi koruptor terus menjadi sorotan. Terlebih menjelang pemilihan legislatif 2019. KPU Karawang pun mewanti-wanti. Terlebih ada sejumlah politisi yang pernah tersandung kasus korupsi.

Bahkan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Karawang meminta kepada semua partai politik untuk menjamin semua bakal calon legislatifnya bukan dari mantan terpidana.

Pasalnya, ada larangan bagi mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi dicalonkan menjadi calon anggota legislatif (caleg).

“Kami sebagai penyelenggara Pemilu di daerah berpedoman kepada semua aturan dan ketentuan yang berlaku. Makanya, adanya larangan itu diharapkan rekan-rekan parpol saat mengajukan daftar bakal caleg-nya harus memberikan jaminan itu pula. Sehingga tidak ada yang teranulir,” kata Ketua KPUD Kabupaten Karawang, Riesza Affiat.

Dikatakan Reisza, apabila ada yang tetap dipaksakan untuk didaftarkan, bakal caleg yang terkena larangan tersebut bisa terkena diskualifikasi. Kendati telah lolos DCT (Daftar Caleg Tetap). Karena sejak DCS (Daftar Caleg Sementara) diumumkan ke publik, masyarakat diperkenankan memberikan saran pendapat terhadap setiap bakal caleg.

“Sayang kan kalau ada bakal caleg atau caleg mesti teranulir hanya karena parpol pengusungnya kurang cermat. Tidak sebatas saat masuk DCS, tatkala telah ditetapkan di DCT pun bisa dibatalkan. Kami di KPU pasti meminta klarifikasi kepada pihak berwenang jika ada masukan data dari masyarakat terkait keberadaan balon caleg maupun caleg,” papar Riesza.

Ia menambahkan, pendaftaran dibuka pada tanggal 4 Juli sampai 17 Juli 2018. Hal itu sesuai dengan undang-Undang 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum serta memperhatikan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 serta Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Untuk pengumuman persyaratannya sudah kita umumkan di website kpu-karawang.go.id,”ujar Reisza kepada Koran Berita beberapa waktu lalu.

Reisza juga menjelaskan, untuk pendaftaran hari pertama sampai hari ke tigabelas dilakukan pada pukul 08.00 wib sampai 16.00 wib. Sedangkan hari terakhir atau hari ke empat belas dimulai dari pukul 08.00 wib sampai 24.00 wib.

“Pendaftaran dilakukan di kantor KPUD Karawang,” jelasnya. (nin/ds)

MORE

Karang Taruna Kayuringin Jaya Bersih-bersih Rumah Ibadah

Karang Taruna Kayuringin Jaya Bersih-bersih Rumah Ibadah

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ha...