Senin, 22 Oktober 2018

Bangun Karakter, 250 Siswa Baru SMK PGRI CIkampek Ikuti MPLS

CIKAMPEK, TVBERITA.CO.ID- Sekitar 250 siswa dan siswa baru SMK PGRI Cikampek Tahun Ajaran 2018-2019 mengikuti Penataran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah, Senin(16/7).

Para siswa baru tersebut telah memilih jurusan bidang keahlian sesuai dengan pilihannya diantaranya Jurusan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMK) , Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Rekayasa Perangkat Lunak( RPL) 

Menurut Kepala Sekolah SMK PGRI Cikampek, Drs. H. Yayan Budy Sofyan, M.Pd bahwa Penataran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK PGRI Cikampek akan berlangsung dari tanggal

16-17-18-19-20 Juli 2018. Semua siswa baru wajib ikuti penataran MPLS. Agar para siswa baru mengenal lingkungan sekolah dan pendidikan karakter kurikulum akademik.

"Salah satu tujuan Penataran MPLS adalah meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat lingkungan sekolah yang berkarakter nilai - nilai pendidikan Pancasila,"ujar penanggung jawab Penataran MPLS kepada TVBERITA.CO.ID.

Dikatakan H. Yayan bahwa penataran MPSL sebagai salah satu gerakan untuk memasyarakatkan dan membudayakan nilai-nilai Pancasila bagi siswa dan siswi baru.

"Hakekatnya dari penataran MPLS memberikan nilai-nilai Pancasila agar siswa baru berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila saat belajar nanti sebagai siswa baru di SMK PGRi Cikampek," tandasnya.

Ia juga menambahkan MPLS membantu pelaksanaan pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di sekolah. Sehingga akan terbentuk karakteristik dan perilaku siswa yang berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila serta mencintai tanah air dan Bangsa Indonesia.

"Kita berharap dengan diadakan penataran MPLS. Para siswa mengenal lingkungan sekolah dan berkarakter pelajar yang cinta tanah air,"katanya

Senada disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ahya, S.Pd. Ia menyampaikan penataran MPLS juga para siswa baru akan diberikan pengetahuan atau pengenalan melalui kegiatan kepramukaan.

"Selain akan menjadi siswa berkarakter Pancasilais. Para siswa baru juga di kenalkan terhadap kesadaran hukum dan jiwa kepemimpinan melalui penataran dengan para pemateri yang telah di susun jadwalnya dalam Penataran MPLS,"ujar ketua Panitia Penataran MPLS.

Para siswa baru dalam penataran MPLS diberikan materi penataran sambung Ahya. Sebelas orang pemateri penataran antaranya Edi Kurnaedi, ST, : Materi penataran program dan cara belaja , Iwan Suhendra, S.Pd : Hak dan Kewajiban Siswa, Widiawati, S.Si : Pengamalan Sikap Demokratif,Lussy Agustin. S.Pd : Materi Pidato, Irbah Mukharobin, ST.S.Pd: Mengenal dunia usaha, Tatang Suryana:Seni Gembira, Maryati, ST:Wawasan wiyatamandala, Muhammad Ismail: Pendidikan karekter bahasa Indonesia, Doni Panorama, S.Pd: Pendidikan karakter bahasa Inggris, Apit Syarifudin, S.Pd: Pendidikan karakter Matematika, Uun Unirah, S.Pd : Pendidikan Karakter.

"Selama penataran MPLS para siswa baru diberikan pemahaman keilmuan baik akademik maupun karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan kepemimpinan yang mandiri dan kuat serta kedisiplinan,"pungkasnya.(dej/ris)

MORE

Pedagang Pasar Cilamaya Ditekan Pengembang, Ini Alasannya

Pedagang Pasar Cilamaya Ditekan Pengembang, Ini Alasannya

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sejumlah pedagang Pasar Cilamaya mengeluhkan sikap PT...