Selasa, 24 April 2018

Bimtek Siskeudes di Cibuaya Diduga Sarat Pungli

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) digelar di aula Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, dihadiri Sekdes, Operator Desa, dan Bendahara lingkungan Desa serta Tim Pendamping Desa Kecamatan Cibuaya, Kamis (12/04/18).

"Dengan melaksanakan Bimtek Siskeudes pihak Kecamatan Cibuaya, untuk menghindari jangan sampai yang membuat administrasi selalu ada perselisihan untuk mengajukan poposal agar sesuai aturan yang berlaku.

Ironis Bimtek Siskeudes yang di gelar diaula Kecamatan Cibuaya, Kamis (12/04/18), yang diikuti para peserta dengan rekom para Kades lingkungan Kecamatan Cibuaya, diduga dipungut biaya sejumlah Rp. 300 ribu, oleh pihak Kecamatan.

"Kegiatan tersebut yang tadinya direncanakan pada pelaksanakannya satu hari, namun pada kenyataannya tidak sesuai yang dijadwalkan, hingga selesai hanya sampai setengah hari.

Diakuinya, Endi selaku Staf Kasi Ekbang Kecamatan Cibuaya, waktu ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/04/18), mengenai pungutan sebesar Rp 300 ribu dilakukan oleh pihak Kecamatan.

"Benar" dan anggaran tersebut diperuntukan biaya operasional untuk kebutuhan para peserta selama sehari ikut Bimtek Siskeudes di Kecamatan, dengan jumlah peserta 3 orang perdesa lingkungan Kecamatan Cibuaya," akunya.

Menurut H. Ali selaku Kasi Ekbang Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, waktu ditemui di ruang kerjanya, setelah usai memberi arahan kepada peserta Bimtek Siskeudes mengatakan, bahwa uang yang Rp. 300 ribu yang dipinta ke para Kades baru masuk 8 Desa, sedangkan di lingkungan Kecamatan Cibuaya jumlah 11 Desa.

"Uang tersebut untuk makan dan minum para peserta yang hadir, dan selain itu juga untuk bayar cuttor, tapi sehubungan cuttornya tidak hadir maka, di kasihkan kepada Tim Pendamping Desa, karena mereka yang menjadi pengganti cuttor Tim Pendamping Desa tingkat Kecamatan," ujarnya.

Di tempat yang sama, H.Datir Staf Kasipem Kecamatan Cibuaya mengungkapkan, dengan adanya pungutan sebesar Rp.300 ribu, dibenarkan. "Pungutan tersebut dikelola Endi Staf Kasi Ekbang Kecamatan Cibuaya, dan untuk apa aja saya kurang tahu," pungkasnya.(yay/ris)

MORE

Anggaran Rp 14 Miliar, Lapang Karangpawitan Akan Diubah Jadi Ini

Anggaran Rp 14 Miliar, Lapang Karangpawitan Akan Diubah Jadi Ini

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemkab Karawang melarang pedagang kaki lima (PKL) berj...