Sabtu, 22 September 2018

BKPSDM: Usai Cuti ASN Karawang Harus Langsung Masuk

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten Karawang wajib melakukan pemantauan dan melaporkan kehadiran para aparatur sipil negara (ASN) lingkup pemkab Karawang usai cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Usai cuti bersama ASN harus kembali masuk bekerja. Jika kedapatan melanggar, akan ada sanksi PP No. 53 tahun 2010. Kepala OPD wajib melaporkan kehadiran ASN di lingkungan kerjanya," ujar Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, Dudi, kepada Koran Berita beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Dudi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi mengeluarkan surat edaran dengan nomor B/8/M.SM.00.01/2018 tentang laporan hasil pemantauan kehadiran aparatur sipil negara sesudah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Ia mengungkapkan, surat edaran tertanggal 7 Juni tersebut dikeluarkan dalam rangka penegakan disiplin aparatur sipil negara dan optimalisasi pelayanan publik setelah cuti bersama, dan surat edaran tersebut ditujukan kepada seluruh kepala daerah.

Menurutnya, dalam surat edaran tersebut ditegaskan bahwa setiap instansi pemerintah harus melakukan pemantauan kehadiran aparatur sipil negara yakni tanggal 21 Juni 2018 kepada Kemenpan RB pada hari yang sama.

"Laporan dilakukan secara online melalui aplikasi atau melalui pesan kepada nomor telepon yang sudah disiapkan,"jelas Dudi.

Selain itu, terangnya, ada juga perintah tentang penegakan disiplin dalam pelaksanaan cuti bersama ASN tahun 2018 yang dituangkan dalam surat edaran Menpan RB Nomor B/21/M.KT.02/2018. Yang kemudian diteruskan dengan surat edaran Nomor 800/3202/BKPSDM/2018 tentang cuti bersama ASN dan Penegakan Disiplin Dalam Pelaksanaan Cuti Bersama ASN tahun 2018.

Dimana lanjut Dudi dalam surat edaran tersebut dijelaskan cuti bersama tidak mengurangi cuti tahunan PNS. Namun pimpinan instansi pemerintahan diimbau tidak memberikan cuti tahunan sebelum dan sesudah cuti bersama lebaran kepada ASN di instansinya.

"Kecuali memang dengan alasan yang sangat penting,"tambahnya.

Dan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak dapat melaksanakan cuti bersama dikarenakan tugasnya, lanjut Dudi, Seperti petugas rumah sakit, petugas imigrasi, dinas perhubungan, dinas kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan lainnya. Dapat diberikan tambahan cuti tahunan sebanyak cuti bersama.

"Jadi kami rasa surat edaran itu sudah sangat jelas, tinggal masing- masing pegawai untuk menjalankan aturan tersebut,"paparnya.

Seperti diketahui, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri lebih panjang dari biasanya. Dan ASN sendiri sudah tidak masuk kerja mulai tanggal 11 Juni 2018 dan baru masuk kembali tanggal 21 Juni 2018.

"Kami berharap seluruh pegawai dapat mematuhi aturan terseut,"pungkasnya.(nin/ds)

MORE

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polres Karawang bergerak cepat melakukan penyelidikan...